Endah N Rhesa Rayakan 15 Tahun Berkarya Dengan Meluncurkan Buku “Iam All Ears” Endah N Rhesa Rayakan 15 Tahun Berkarya Dengan Meluncurkan Buku “Iam All Ears”
Lima belas tahun Endah N Rhesa berkarya di industri musik, mereka meluncurkan buku berjudul ‘Im All Ears’. Buku dari Endah N Rhesa ini mengabadikan... Endah N Rhesa Rayakan 15 Tahun Berkarya Dengan Meluncurkan Buku “Iam All Ears”

Soundcorners.com – Lima belas tahun Endah N Rhesa berkarya di industri musik, mereka meluncurkan buku berjudul ‘Im All Ears’. Buku dari Endah N Rhesa ini mengabadikan jejak, cerita, dan dokumentasi diskografi mereka, dan pernikahan yang sudah berjalan selama 10 tahun.

Judul buku sendiri diusulkan oleh para penggemar, dan langsung mereka setujui. “Akarnya Endah N Rhesa, ‘kan, musik. Jadi nama ‘Im All Ears’ ini kami rasa asyik untuk dipilih sebagai judul buku,” Papar Endah dalam peluncuran buku ‘Im All Ears’, di M Bloc, Jakarta Selatan pada Jumat (10/1).

Salah satu babnya bercerita soal single ‘When You Love Someone’. Ini adalah lagu debut yang dibuat dan diaransemen oleh Endah N Rhesa, namun pertama kali dibawakan dengan nama Endah Widyastuti featuring Rhesa Aditya.

Cerita ini berlanjut ke bab lain yang menceritakan alasan Endah enggak jadi bersolo karier, dan justru membentuk duo dengan Rhesa. Mereka juga menuturkan awal mula memasarkan album, dengan cara berjualan hot dog.“Jadi dulu kalau beli hot dog, gratis album kami. Sampai di 2009, kami jual 400 CD tanpa embel-embel hot dog lagi,” tutur Endah.

Enggak cuma perjalanan mereka berdua, ada pula bab yang membahas soal Pamulang, Tangerang Selatan, tempat Endah N Rhesa tinggal. Mereka bercerita soal Earhouse, yang menjadi bentuk kontribusinya kepada skena lokal Pamulang.

Buku ‘Im All Ears’ ditulis oleh Eko Wustuk, yang pernah membuat buku tentang Cupumanik sampai Navikula. Eko yang awalnya membujuk Endah N Rhesa untuk meluncurkan buku ini.“Kebanyakan buku musik ditulis kayak nisan. Ditulis pas band udah mati atau pensiun. Bikinlah band yang lagi kick a*s (kayak Endah N Rhesa),” Ujar Eko Wustuk

Buku berisi 10 halaman ini dikerjakan Eko selama sekitar setahun. Endah mengaku senang buku tentang band-nya ditulis oleh Eko karena sudah mengagumi tulisan-tulisannya. “Puas jelas. Karena saya sebelumnya mengikuti tulisan Eko yang blak-blakan, jadi menarik buku kami dibahas dengan gaya begitu,” Tambah Endah.

Sebelumnya pada Desember 2019, lebih dari 100 buku ‘Im All Ears’ edisi terbatas telah dikirim ke pembeli sebagai hadiah akhir tahun. Endah mengaku enggak menyangka dengan antusiasmenya.

“Ternyata banyak yang ingin tahu bagaimana proses bermusik dan awal terbentuknya Endah N Rhesa,” cetus Endah. “Buku ini seperti jembatan untuk mengenal musik dan karakter Endah N Rhesa secara lebih dalam lagi,” sambung Rhesa.

Buku ‘Im All Ears’ mulai dijual pada Sabtu (11/1), baik secara online maupun offline. Buku perdana Endah N Rhesa ini dibanderol seharga Rp 100 ribu.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.