Iga Massardi Barasuara, Single Guna Manusia Iga Massardi Barasuara, Single Guna Manusia
Post Views: 122 Iga Massardi Barasuara, Single Guna Manusia

Soundcorners.com – Jakarta, Setelah sukses dengan album pertamanya, Taifun, Barasuara, band besar asal Jakarta ini merilis single terbaru berjudul Guna Manusia pada tanggal 18 September lalu. Tim Soundcorners.com berhasil bertemu dan mewawancarai frontman Barasuara, Iga Massardi, di sela sela kesibukannya. Kami bertanya seputar proses kreatif hingga teknis pembuatan single tersebut.

Lagu yang alurnya sangat dinamis ini, terinspirasi setelah  menonton tayangan Najwa Shihab yang mengangkat tema ulah manusia yang menyebabkan kemungkinan tenggelamnya Jakarta. “Angle dari lagu ini, gue sebagai orang tua ngasihtau ke anak cucu gue nanti, bahwa kita hidup di kondisi yang mengkhawatirkan, dan kita bisa jadi korban dari kerusakan alam yang kita sebabkan sendiri” ujar Iga

‘’ Proses kreatif lagu Guna Manusia berawal dari aransemen bareng bareng lagunya Gerald, pemilihan chord, notasi, lalu penulisan lirik.” Iga Massardi mengaku mempunyai otoritas dalam hal penulisan lirik, namun otoritas tersebut tidak menghalangi ide dari para personil lainnya.

Yang menarik dari single Guna Manusia, hampir seluruh instrument di lagu ini direkam menggunakan sistem direct. “ Album pertama kita masih mengandalkan teknologi todong ampli. Sekarang mostly kita pake Kemper, kecuali akustik masih todong, sih” menurut Iga, menggunakan sistem direct, dalam hal ini menggunakan Kemper, proses rekaman lagu ini terasa lebih cepat, lebih murah, dan lebih efektif, namun tidak mengorbankan apapun secara tonality.

Gitar yang digunakan dalam lagu Guna Manusia ini sangat beragam, beberapa brand gitar besar, sebut saja Fender, Suhr, dan Musicman sangat memenuhi kebutuhan sound di lagu ini. Lagu yang sangat kental terdengar suara kasar khas pedal fuzz ini juga menggunakan beberapa pilihan. Yang uniknya, Iga Massardi tidak menggunakan fitur cabsim di Kemper untuk mencapai suara fuzz yg ada di kepalanya.

Guna Manusia direkam di beberapa studio. Untuk Gitar, Bass, dan Keyboard, direkam di markas Barasuara yang terletak di bilangan Jakarta Selatan. Sedangkan untuk urusan Vokal dan Drum, direkam di Bro Studio, dan dioperasikan oleh mas Ucup. Nah, yang paling gokil, bagian pemolesan, atau bahasa teknisnya mixing and mastering, dikerjakan oleh salah satu musisi dan produser kondang bernama Stephan Santoso, di studio pribadinya. “mas Stephan keren banget, doi bisa menangkap energi dari lagunya, dan dinamikanya kerasa banget” tutur Iga

Lagu Guna Manusia merupakan salah satu spoiler untuk album kedua Barasuara. Siapa yang penasaran bakal kayak gimana album kedua mereka? Mari kita nantikan bersama!

FOTO : Davian Akbar

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + eighteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.