Reynold & Senar Gitar (RsG), Melepas Single ‘Vitamin’ Reynold & Senar Gitar (RsG), Melepas Single ‘Vitamin’
Masih ingat dengan Reynold Affandi, gitaris Slank Formasi 14 yang ambil bagian dalam album 'Lagi Sedih' (1997)? Ya, pria yang akrab disapa Pnyot ini... Reynold & Senar Gitar (RsG), Melepas Single ‘Vitamin’

Soundcorners.com – Masih ingat dengan Reynold Affandi, gitaris Slank Formasi 14 yang ambil bagian dalam album ‘Lagi Sedih’ (1997)? Ya, pria yang akrab disapa Pnyot ini kembali meramaikan industri musik Indonesia.

Bersama proyeknya yang bernama Reynold & Senar Gitar (RsG), sang gitaris melepas single baru bertajuk ‘Vitamin’. Single ini tidak serta merta lahir begitu saja, penamaan ‘Vitamin’ itu sendiri didasari oleh artefak perjalan hidup yang dialami oleh sang gitaris, dengan menggandeng Jollink untuk mengisi lini vokal.

Dengan spirit ‘respect, soul and group disingkat sama dengan nama band (RsG) melandasi fondasi band ini, kata soul mempunyai porsi tersendiri (disimpan di tengah) dan menjadi makna paling penting di dalamnya. Soul’ mempunyai korelasi yang sama dengan kata Vitamin, judul lagu yang dilempar ke pasar industri musik. Sebuah pengharapan besar karya ini dapat diterima dan dinikmati oleh khalayak banyak. Di mana sebuah cita rasa baru dari proses warna-warninya kehidupan akhirnya lahir.

Meski umur sang vokalis, Jollink jauh lebih muda dari Reynold, tapi bersama tandem barunya inilah Reynold merasa yakin dan menemukan missing puzzle yang selama ini dicari. Vokalis berambut kribo ini sendiri mempunyai karakter vokal yang khas dan unik, di mana videonya menjadi viral dan ditonton oleh 7,9 juta orang setelah diunggah oleh salah satu kanal YouTube.

“Ya begitulah proses. Semua yang ada di alam ini melewati yang namanya proses, seperti apa dan apa yang kita inginkan, dan dari sebuah proses tersebut kembali balik ke manusianya masing-masing,” jelas Reynold.

Yang pasti, sebuah energi besar untuk bisa keluar dari segala masalah telah hadir. Namun, Reynold menegaskan, dirinya akan terus berproses dan belajar. “Tapi tenangnya sekarang, vitaminnya tepat. Jadi, melewati proses pun Insyaallah sekarang bisa lebih santai kayak di pantai,” lanjut Reynold.

Single ‘Vitamin’ ini diproduseri oleh Pay ‘BIP’ yang juga pernah bergabung dalam Formasi 13 Slank dan terlibat di lima album pertama band asal Potlot itu; Suit… Suit… He… He.. (Gadis Sexy) (1990), Kampungan (1991), Piss! (1993), Generasi Biru (1994), dan Minoritas (1996). Lagu ini diproduksi di kawasan Puncak, Jawa Barat.

Yang tak kalah penting. Peluncuran single Vitamin akan ditindaklanjuti dengan tur Jawa-Bali. RsG akan singgah di kota-kota seperti Bandung, Sukabumi, Sumedang, dan Surabaya dalam waktu dekat.

“Kami akan mengunjungi Yana Mulyana di Sumedang, gitaris difabel yang sangat fenomenal. Ini merupakan bentuk awarness kami terhadap musisi yang punya keterbatasan tapi justru menjadi kelebihan buat dia. Kami juga mau gelar showcase di beberapa Lembaga Pemasyarakatan (LP) di Surabaya”. jelas Reynold.

Sebelumnya, RsG dikenal dengan nama SenarGitar, proyek duo berkonsep gitar yang saat itu dilengkapi gitaris bernama Ade. Band ini melahirkan satu album bertajuk ‘Journey Of Life’ yang memuat lagu daur ulang milik Slank, ‘Lorong Hitam’ yang bersemayam dalam album ‘Lagi Sedih’.

Lagu-lagu lainnya meliputi; ‘Menunggang Doa’, ‘Lelaki Sejati’, ‘Sayang Cinta Ada yang Punya’, ‘Andai Kau Tau’, ‘L.D.R’, ‘Pasangan Abadi’, dan ‘Aku Cari Lagi’.

Mundur sedikit ke belakang. Pada 2006, Reynold membentuk band reggae Cozy Republic yang menjadi salah satu band pengisi kompilasi Music Factory bentukan Kentucky Fried Chicken dengan single ‘Bisa Setia’. Album pertamanya, Republik Uye (2008) diproduseri bassis Slank, Ivanka.

Setelah melewati berbagai transformasi sampai akhirnya lahir sebuah paradigma baru, Reynold siap mengarungi kembali samudera musik Tanah Air bersama RsG. Single Vitamin kini sudah tersedia di iTunes, Joox, Spotify, dan digital platform lainnya.

“Ketika orang sudah tercerahkan, maka sakit, kegelisahan tidak akan lagi berarti apa-apa. Yang ia rasakan hanya satu: kedamaian.” Siddharta Gautama.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.