Tips Memilih Audio Interface untuk Home Recording Tips Memilih Audio Interface untuk Home Recording
Apa sih Audio Interface itu? Audio Interface atau yang sering disebut soundcard merupakan perangkat yang berfungsi untuk menerima sinyal audio input dan mengkonversi menjadi... Tips Memilih Audio Interface untuk Home Recording

Soundcorners.com – Apa sih Audio Interface itu? Audio Interface atau yang sering disebut soundcard merupakan perangkat yang berfungsi untuk menerima sinyal audio input dan mengkonversi menjadi digital audio data. Masih banyak musisi yang ingin merekam sendiri musiknya, namun masih bingung apa yang harus diperhatikan sebelum membeli Audio Interface. Nah, tim soundcorners.com akan berbagi tips untuk memilih Audio Interface yang tepat.

Budget

Budget merupakan hal yang paling penting disiapkan sebelum memilih Audio Interface. Jika budget terbatas, kita bisa menggunakan Audio Interface yang sudah ada di PC, namun harus mengorbankan kualitas rekaman. Jaman sekarang sudah banyak Audio Interface yang berharga kurang dari satu juta rupiah, namun memiliki kualitas yang cukup baik, merek seperti Behringer misalnya.

Koneksi

Sebelum membeli Audio Interface, perhatikan dulu koneksi yang tersedia di Komputer kalian. Yang paling banyaj tersedia adalah koneksi USB, namun banyak juga komputer yang hanya memiliki koneksi FireWire, Thunderbolt, PCI, dan masih banyak lagi

 Input/Output

Sekarang tanyakan pada diri kalian, instrumen apa saja yang akan kalian rekam. Jika hanya ingin merekam suara dan 1 instrumen seperti gitar atau piano, Audio Interface dengan 2 input sudah cukup mewakili kebutuhan kalian. Jika ingin merekam drums, maka kalian membutuhkan minimal 8 input. Ada banyak jenis input yang tersedia di Audio Interface, untuk microphone, kalian membutuhkan koneksi XLR, untuk instrumen dibutuhkan Line input.

Lalu, berapa jumlah output yang dibutuhkan? Jika hanya memiliki 1 speaker, maka 1 output sudah cukup, jika memiliki banyak speaker, kalian tinggal memilih Audio Interface yang memiliki output sesuai kebutuhan kalian. Sama seperti input, output juga memiliki banyak koneksi tergantung speaker yang kita gunakan, seperti XLR, TRS, RCA, dan masih banyak lagi.

Sebetulnya, masih banyak hal yang bjsa diperhatikan dari Audio Interface, namun 3 hal tersebut merupakan bagian paling vital dari Audio Interface yang akan digunakan untuk home recording. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan malu untuk kontak tim soundcorners.com ya! Selamat Berkarya!

Free Download WordPress Themes
Premium WordPress Themes Download
Download WordPress Themes
Download WordPress Themes Free
udemy paid course free download
download mobile firmware
Premium WordPress Themes Download
udemy course download free

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.