Beli Gitar Bekas? Siapa Takut Beli Gitar Bekas? Siapa Takut
Gitar impian kalian harganya masih selangit? Atau mungkin sudah discontinued? Gitar bekas atau gitar secondhand bisa jadi opsi kalian. Selain harganya yang pasti dibawah... Beli Gitar Bekas? Siapa Takut

Soundcorners.com – Gitar impian kalian harganya masih selangit? Atau mungkin sudah discontinued? Gitar bekas atau gitar secondhand bisa jadi opsi kalian. Selain harganya yang pasti dibawah harga baru, gitar bekas juga memiliki keunikannya sendiri, seperti kayunya yang sudah “matang”, atau sudah diupgrade menggunakan parts high end.

Tentu saja sebelum membeli kita harus memperhatikan betul-betul kondisi gitar bekas tersebut. Jangan sampai gitar yang kalian beli ternyata palsu, sudah pernah rusak, atau diganti dengan parts yang lebih murah.

Tim soundcorners.com akan membagikan beberapa tips untuk kalian yang ingin membeli gitar bekas.

  1. Keaslian Gitar

Periksa secara seksama apakah gitar tersebut adalah gitar asli buatan brand yang ingin kalian beli. Banyak sekali cara untuk memeriksa gitar tersebut asli atau kastem. Cara yang paling mudah adalah cek nomor seri gitar tersebut. Brand-brand besar seperti Fender, Gibson, Ibanez biasanya mencantumkan nomor seri produknya di bagian belakang headstock gitar. Lalu masukan nomor seri tersebut ke website resmi gitar yang akan kalian beli

  1. Kondisi Fisik

Gitar yang memiliki headstock dengan kemiringan diatas 10 derajat, seperti Gibson dan Ibanez memiliki resiko patah jika tidak dirawat, atau diletakkan sembarangan. Namun banyak luthier gitar yang bisa memperbaikinya, tentu saja hasilnya tidak akan sebaik kondisi awal, baik dari segi kekuatan maupun secara tonal. Periksa dengan seksama apakah neck gitar tersebut pernah disambung ulang.

Selain itu, truss rod gitar merupakan hal yang paling vital di gitar. Truss rod adalah sebuah batang besi yang ditanam di dalam neck gitar yang berfungsi untuk meluruskan neck. Periksa secara seksama apakah truss rod tersebut masih bisa diatur dengan sempurna. Jika sudah keras, ataupun tidak berfungsi, lebih baik lupakan dan beralih ke gitar bekas selanjutnya.

  1. Parts

Sebelum membeli, baca dulu spesifikasi gitar tersebut di web resmi, lalu periksa apakah gitar yang akan kalian beli masih terpasang parts tersebut. Jika pemilik sebelumnya mengupgrade parts tersebut, mungkin harganya akan naik sedikit, jangan sampai harga terlalu mahal, karena mau bagaimanapun juga, sudah tidak sesuai spesifikasi resmi.

  1. Cobalah Sebelum Membayar

Jika ketiga hal diatas sudah kalian periksa dengan seksama, mainkanlah gitar tersebut sampai kalian merasa gitar tersebut adalah The One yang kalian impi-impikan. Semahal, seterkenal, sebagus apapun gitar tersebut, jika kalian tidak “srek” lebih baik jangan dibeli dan beralihlah ke gitar lain.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.