Budda Zenman Overdrive/Boost – Pedal Overdrive Dengan Dua Karakter Budda Zenman Overdrive/Boost – Pedal Overdrive Dengan Dua Karakter
SoundCorners sangat yakin bahwa pedal Overdrive merupakan salah satu tulang punggung dalam tone gitar kita. Pengalaman 15 tahun membuat amplifier tabung butik, bagaimana Budda... Budda Zenman Overdrive/Boost – Pedal Overdrive Dengan Dua Karakter

Soundcorners.com – SoundCorners sangat yakin bahwa pedal Overdrive merupakan salah satu tulang punggung dalam tone gitar kita. Pengalaman 15 tahun membuat amplifier tabung butik, bagaimana Budda mendesain pedal overdrivenya? Kali ini, Budda Zenman Overdrive/Boost mampir di SoundCorners. Nama lengkap produknya memang agak kepanjangan, tapi sepertinya itu setimpal dengan yang dijanjikan Zenman. memiliki dua footswitch, mungkin kita bisa langsung menebak bahwa ini bukan pedal overdrive biasa. Sesuai namanya, Zenman memang sebuah pedal overdrive yang dilengkapi booster. Tapi bagaimana keduanya bekerja?

Boost Only

Mungkin ini adalah skema paling sederhana yang bisa kita lakukan dengan pedal ini. Meski footswitch kanan dalam posisi ter-Bypass, footswitch Boost di kiri masih dapat kita aktifkan. Ini memungkinkan kita hanya menggunakan fungsi Boost saja tanpa ada overdrive. Dalam skema ini, knob yang berfungsi hanyalah knob Boost sehingga menjadikan Zenman sebagai sebuah Clean Booster yang transparan.

Overdrive Dengan Dua EQ

SoundCorners melakukan review dengan chain Gitar-> Zenman-> Peavey 6505+ 112 dan menjadikan Zenman sebagai sebuah pedal overdrive pada channel clean. Saat mengaktifkan pedal ini, kita diberi dua pilihan EQ, yaitu ‘phat’ dan ‘vintage’. Pada dasarnya, posisi vintage pada Zenman adalah karakter yang dominan di frekuensi mid-high sehingga membuat pickup humbucker kita bersuara sedikit lebih bright dari biasanya. Sedangkan saat switch ‘phat’ dipilih, tone akan terasa lebih warm, padat, dengan frekuensi yang lebih seimbang. Saat knob gain di naikkan full sekalipun, tone masih terdengar jelas claritynya. Padahal karakter drive sudah mulai masuk ke wilayah distortion.

Untuk knob tone-nya cukup sensitif dan kita masih bisa membentuk tone dengan lebih detail dengannya. Selain itu, tentu saja kita masih bisa ‘menendangnya’ dengan switch Boost-nya. Hanya saja, SoundCorners merasa kita perlu sedikit berhati-hati dengan knob Boostnya saat digunakan untuk mem-boost overdrive. Pada posisi menjelang full mentok, sinyal mulai terasa harsh. Tapi tidak masalah jika ini memang sound yang kita mau. Toh luar biasanya, noise masih dalam hitungan wajar.

Tidak banyak pedal overdrive yang menggunakan switch untuk memilih dua karakter EQ, Budda malah memberikannya ditambah fitur boost yang bisa kita manfaatkan juga sebagai pedal clean booster. Tidak salah memang jika harus mengkategorikannya sebagai pedal butik. Secara, Budda gitu loh. Tapi yang pasti, pedal ini sih sangat kita rekomendasikan.

Spesifikasi

  • Versatile overdrive sound can go from smooth to grind.
  • Gain, EQ and level controls
  • Boost feature with level control can be used independent of the overdrive
  • Powered by 1 9V battery or external power supply
  • Heavy Duty construction
  • Heavy Duty switch
  • Phat/Vintage switch
  • Weight Packed: 1.00 lb(0.454 kg)
  • Width Packed: 4.35″(11.049 cm)
  • Height Packed: 5.75″(14.605 cm)
  • Depth Packed: 3″(7.62 cm)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.