IDR HX 10 Pro IDR HX 10 Pro
Post Views: 832 IDR HX 10 Pro

Loudspeaker Pasif 2-Way Hi-Grade

Soundcorners.com – Loudspeaker dengan desain yang kompak, tentunya cukup banyak diminati oleh para pengguna yang ingin menghadirkan suara megah namun tidak banyak menyita tempat. Wajar saja kini banyak beredar di pasaran jenis loudspeaker tersebut dengan konsep bervariasi, dari yang jenis aktif maupun pasif.

Sebagai media yang concern terhadap perangkat audio profesional, IDR menjadi salah satu brand yang masuk dalam dapur Soundcorner, dan kali ini mengirimkan sepasang loudspeaker pasif seti HX 10 Pro yang terkemas dalam kardus berukuran cukup besar.

IDR HX 10 Pro menjadi salah satu pilihan menarik untuk sebuah sistem loudspeaker yang dirancang secara pasif, sehingga diperlukan penguat daya akhir terpisah, ini dapat terlihat dari penampilannya yang praktis, dimana hanya ada sebuah jek jenis spikon (speakon) sebagai jalur masuk dari amplifier.

Setiap loudspeaker memiliki desain rancang yang berbeda, baik konstruksi maupun kemampuan daya masukan amplifier, termasuk rentang bandwidth respon frekuensi yang tentunya akan disesuaikan dengan keperuntukannnya, untuk ruang besar, sedang, maupun kecil.

Konfigurasi desain HX 10 Pro adalah passive 2-way system dengan komposisi driver yang menggunakan sebuah compression driver 1,4 inci berbahan titanium dikemas dengan rotated injected horn 900  x 600 didukung oleh magnet jenis ferrite untuk bagian high frequency nya, sendangkan pada low-mid frequency ditunjang oleh sebuah driver woofer 10 inci, dimana konfigurasi keduanya mampu diharapkan untuk menjangkau tanggapan frekuensi dari 75 Hz sampai dengan 18 kHz.

Kotak loudspeaker HX 10 Pro terbuat dari bahan Plywood class A (premium), sehingga memiliki konstruksi yang kokoh dan disaput oleh cat hi-grade warna hitam bertekstur yang mencerminkan sistem speaker berkelas.

Yang tidak kalah penting adalah dukungan Perforated Metal Grill yang bertugas sebagai pelindung dari driver, dimana dicat dengan bahan yang tahan terhadap berbagai cuaca termasuk menjadi grill  dengan lapisan UV Protection, sehingga memiliki ketahanan yang tinggi dalam segala situasi dan kondisi.

Untuk pengujian loudspeaeker HX 10 Pro, kami menggunakan mixer Behringer seri Xenyx 1204USB yang dipadu dengan power amplifier Behringer seri Reference Amplifier A500 berdaya keluaran 600 watt.

Dari uji dengar yang kami lakukan, kolaborasi yang dihasilkan mampu menhadirkan karakter suara yang natural, ini dapat dibuktikan ketika kami coba untuk tes vokal menggunakan mikropon standar. Tingkat kekerasan suara juga tidak terlalu nyelekit di telinga, walau efek horn memang mampu menjangkau area yang cukup luas.

Begitu pula ketika kami mencoba musik menggunakan mesin source CD player, hasilnya dapat dikatakan mumpuni, dengan tingkat suara yang cenderung flat dengan pengaturan standar pada mixer tanpa diberi bumbu-bumbu (eq distel flat), efek bas yang dihasilkan juga agresif dan dinamis, walau efek bas rendah tidak terjangkau (bila dipadu dengan subwoofer tentunya makin mantap). Namun dari hasil uji dengar secara keseluruhan, HX 10 Pro memang dapat diandalkan untuk menyajikan suara vokal dan musik yang siap tempur untuk area sedang tanpa kendala.

Spesifikasi :

  • Freq, response (-3 dB) : 80 Hz – 16 kHz
  • Freq, response (-6 dB) : 75 Hz – 18 kHz
  • Power handling : 300 watt (rms), max 600 watt
  • Nominal Impedance : 8 Ohm
  • Sensitivity @ 1 W/1m : 99 dB SPL, max 123 dB SPL
  • Dimension (HxWxD) : 50,2 x 29 x 30 cm
  • Weight : 15 kg

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.