NOXA Fest V: Satu Stage Musisi Metal Polandia dan Indonesia NOXA Fest V: Satu Stage Musisi Metal Polandia dan Indonesia
Malam itu Vader membawakan sekitar 20 lagu bertegangan tinggi membuat malam semakin panas. NOXA Fest V: Satu Stage Musisi Metal Polandia dan Indonesia

NOXA Fest V: Satu Stage Musisi Metal Polandia dan Indonesia

Jakarta, soundcorners.comNOXA Fest V berhasil digelar pada hari Minggu, 4 Juni 2023. Mengambil tempat di Gudang Sarinah, Jakarta, ‘NOXA Fest’ kali ini menampilkan sejumlah band cadas tanah air yaitu Inhumanity, Purgatory, Darksovls, Jasad dan NOXA. Sementara 3 band asal Polandia juga ditampilkan di NOXA Fest kali ini yaitu Thy Disease, Hate dan Vader. Gelaran NOXA Fest 2023 sebelumnya diumumkan akan digelar di Gladiator Arena, Bekasi. Namun pada saat-menjelang acara, ternyata dipindah ke Gudang Sarinah, Jakarta.

noxafest-soundcorners

Siang hari, ratusan penonton yang didominasi kostum hitam telah datang ke venue acara. Meski saat itu cuaca Jakarta panas terik, ternyata tidak menyurutkan semangat para metalhead untuk hadir di NOXA Fest yang di isi line up kawakan seperti Purgatory yang bermain mulai Pkl.12.30 WIB dilanjut dengan darksolvs, jasad serta noxa.

Seusai break Maghrib, Thy Disease menjadi band asal Polandia yang tampil pertama di NOXA Fest. Penampilan band yang mempunyai formasi Sebastian ‘Syrus’ Syroczynki (vokal), Dariusz ‘Yanuary’ Styzen (gitar), Andrzej ‘Andrew’ Hejmej (bass) dan Ireneusz ‘Ireq’ Gawlik (drums) di Jakarta, juga menjadi bagian dari rangkaian tur ‘An Act Of Darkness in Asia’ yang menyambangi beberapa kota di Asia seperti Manila (Filipina), Bangkok (Thailand) dan juga beberapa kota di Jepang.

Usai penampilan Thy Disease giliran Hate yang mengambil alih panggung NOXA Fest 2023. Sempat ada kendala teknis di awal penampilan, Hate yang mengusung aroma black metal, tetap bersemangat dan langsung menggeber dengan lagu-lagu dari album anyar mereka ‘Rugia’ yang dirilis oleh Metal Blade Records pada 2021 lalu. Nomor-nomor seperti “Valley of Darkness”, Luminous Horizon”, “Resurrection Machine”, “The Wolf Queen” dan “Erebos” menjadi peluru yang dilepas oleh keempat personil Hate, Adam ATF Sinner’ Buszko (vokal/gitar), Dominik ‘Domin’ Prykiel (gitar), Daniel ‘Nas-Sil’ Rutkowski (drums) dan Tomasz ‘Tiermes’ Sadlak (bass). Sesekali Adam juga mengisi lead gitar di beberapa lagu.

Legenda deathmetal Polandia, Vader, menjadi penutup gelaran NOXA Fest edisi kelima ini. Sebelum Vader tampil, layar di panggung menampilkan sejumlah nama dan foto musisi musik keras tanah air yang telah berpulang beberapa waktu lalu. Dibuka dengan intro “Macbeth”, Vader yang kimi tinggal menyisakan Piotr “Peter” Wiwczarek (vokal/gitar) sebagai satu-satunya personil asli, langsung memanaskan panggung dengan “Dark Age”, “Vicious Circle” dan nomor lawas “Chaos”.

“Selamat malam Jakarta. Maafkan saya mempunyai telinga tua jadi saya butuh lebih keras, Jakarta. Menyenangkan bisa kembali. Apakah siap untuk malam yang gila ?” sapa Peter kepada penonton sebelum membawakan “Chaos”.

Vader kemudian melanjutkan penampilan dengan nomor-nomor seperti “The Crucified Ones”, “Into Oblivion”, “Triump of Death”, Wolftribe”, “Epitaph”, “Silent Empire”, “What Colour is Your Blood?”. “When Darkness Calls” dan “Cold Demons”. Malam itu Vader membawakan sekitar 20 lagu bertegangan tinggi membuat malam semakin panas. Patut diacungi jempol di NOXA Fest tahun ini adalah jadwal penampil yang nyaris sama sesuai rundown dan berjalan dengan lancar. Sampai jumpa di NOXA Fest selanjutnya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.