Radial Classic V9 Radial Classic V9
Versi Kompak Tanpa Tabung Sama seperti versi V9 dari Hot-British, Classic V9 juga merupakan versi kompak dari pedal distorsi Radial Classic yang menggunakan tabung. Selain... Radial Classic V9

Versi Kompak Tanpa Tabung

Sama seperti versi V9 dari Hot-British, Classic V9 juga merupakan versi kompak dari pedal distorsi Radial Classic yang menggunakan tabung. Selain lebih praktis di pedalboard, Classic versi V9 ini tidak membutuhkan adaptor khusus karena bisa menggunakan power supply 9 Volt biasa. Dari segi penampilan, Classic V9 masih mengadopsi Classic dengan chassing berwarna biru hitam namun kali ini dengan sentuhan tambahan abu-abu.

Switch lengkap

Meski berukuran kompak, Classic V9 masih dilengkapi switch-switch yang dimiliki sang Kakak yaitu High, Mid, dan Range. Sesuai namanya, High berguna untuk mengatur frekuensi tinggi agar ada tambahan treble, pengurangan treble, atau flat. Menurut Radial, ini berguna saat ampli yang sedang kita gunakan terlalu mendem atau terlalu cempreng. Memang perubahan suaranya tidak terlalu drastis, tapi ini sangat berguna untuk langkah awal pembentukan tone kita.

Sedangkan Range berguna untuk menentukan kadar drive yang bisa dicapai pedal ini. Dari High, Med, dan Low, semakin High maka knob Drive akan semakin sensitif dan semakin rapat. Masih ada lagi switch Mid Boost untuk membuat frekuensi gitar semakin menonjol.

Knob Sensitif

Meski versi V9 ini tidak dibekali knob Filter, Radial menjanjikan knob EQ yang Ultra-sensitif dan kami sepakat. Butuh ketelitian untuk memutar knob High dan Low karena sedikit putaran saja akan mengubah frekuensi tersebut. Bahkan Low dan High pada Classic V9 ini menurut Soundcorners lebih sensi dari Hot-British V9 sehingga direkomendasikan untuk memulai tone shaping dari posisi keduanya di jam 12. Untuk rentang EQ-nya pun Classic V9 lebih lebar.

Nah, meski pedal ini bernama Classic, knob Drive nya cukup luar biasa karena mampu memberikan berbagai karakter dari mulai overdrive ringan di jam 8 hingga hampir mengarah ke High Gain saat diputar searah jarum jam. Jadi tidak hanya Classic Distortion, sebenarnya pedal ini bisa digunakan sebagai pedal overdrive.

Kesimpulan

Tidak banyak produsen pedal yang menaruh perhatian begitu tinggi pada jenis-jenis Drive. Radial adalah salah satu brand asal Kanada yang tidak hentinya menawarkan begitu banyak pilihan bagi gitaris yang memiliki kreatifitas tinggi terhadap tone. Tidak hanya dari berbagai tipe pedal yang dikeluarkan, tapi juga pedal-pedalnya pun dibekali Tone Shaping Tools yang bisa membuat kita betah mengulik sound secara detail. Classic V9 direkomendasikan bagi gitaris yang ingin pedal distorsi serba bisa dengan knob-knob EQ yang efektif.

Spesifikasi

  • Circuit Type                                    : Classic Class FET buffer and classic audio grade ICs
  • Post-Distortion High & Low EQ : Variable from -10dB to +10dB
  • High Shelf                                        : Switchable high frequency boost/cut
  • Mid Boost                                       : Switchable 0dB, +7dB, +12dB @ 500Hz
  • Gain Switch                                     : Increases saturation of the drive circuit
  • Output Gain                                    : Variable from unity to +48dB @ 1kHz
  • Footswitch                                      : Latching bypass switch
  • Power                                              : 9VDC, adaptor tidak termasuk

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.