Tips Jitu Memilih Pickup Gitar Tips Jitu Memilih Pickup Gitar
Harus kita akui, semua komponen gitar berpengaruh dengan sound yang akan dihasilkan, mulai dari jenis kayu, kualitas hardware, senar, pick, hingga kabel elektronik sangat... Tips Jitu Memilih Pickup Gitar

Sounscorners.com – Harus kita akui, semua komponen gitar berpengaruh dengan sound yang akan dihasilkan, mulai dari jenis kayu, kualitas hardware, senar, pick, hingga kabel elektronik sangat mempengaruhi output gitar yang kita miliki. Namun, bisa dipastikan satu hal, bahwa pickup gitar merupakan perangkat yang paling penting dalam sebuah gitar elektrik.

Fungsi utama dari single coil adalah menangkap suara atau mengkonversi secara elektromagnetik getaran senar dan getaran body gitar menjadi signal elektrik yang dikirim ke amplifier untuk mengeluarkan suaranya. Jika dibedah, pickup gitar terdiri dari gulungan kawat dan juga magnet. Jenis kawat, jenis magnet, banyaknya gulungan kawat akan sangat mempengaruhi hasil konversi getaran menjadi suara

Masih banyak gitaris yang bingung dengan beragamnya varian pickup gitar. Kok sound gue trebly banget ya? Kok sound gue mendem banget ya? Begitulah kurang lebih curhatan beberapa gitaris. Mungkin jawabannya adalah kesalahan dalam memilih jenis pickup yang cocok.

Di artikel ini soundcorners.com  akan merincikan beberapa jenis dari pickup gitar, semoga dapat membantu petualangan kalian dalam mencari jati diri sound yang diinginkan.

1.Single Coil
Single-Coil-ok

Single coil merupakan cikal bakal dari pickup gitar elektrik. Ciri khas dari single coil adalah menghasilkan sound yang clear, bright, dan twang, cocok untuk kalian yang mengejar sound untuk genre blues, jazz, funk. Namun sayang, kelemahan dari single coil pickup ini adalah noise yang cukup mengganggu jika dihajar gain yang besar. Single coil pickup banyak diigunakan di gitar pabrikan Fender tipe Stratocaster dan Telecaster.

2.Humbucker
Humbucker-ok

Solusi untuk menghilangkan noise pada single coil pickup adalah merangkai berdekatan secara seri, 1 coil lagi. Fungsinya adalah untuk menghilangkan noise atau hum, maka dari itu diberi nama humbucking atau biasa disebut Humbucker. Karena menggunakan 2 coil, output yang dikeluarkan pickup jenis Humbucker lebih besar, namun meredam frekuensi high, sehingga menghasilkan sound yang lebih tebal dan warm, sangat cocok untuk dihajar gain yang beosar untuk kalian pecinta musik rock hingga metal. Namun tidak sedikit gitaris yang menggunakan humbucker untuk bermain di genre yang lebih halus.

3.Soapbar atau P90
Soapbar-Ok

Pickup berbentuk soapbar ini merupakan upgrade dari pickup single coil. Dengan menambah jumlah gulungan kawat dan memperbesar ukuran magnet, menghasilkan output yang lebih besar dan lebih tebal dari single coil, sangat unik, namun tetap saja sound yang dihasilkan  tidak setebal pickup humbucker.

4.Single Coil Sized Humbucker
single-coil-sized-humbucker-ok

Banyak gitaris yang tidak mau merubah estetika gitarnya, ingin terlihat menggunakan single coil, namun ingin juga mendapatkan sound humbucker. Jenis pickup ini adalah jawabannya, ukurannya yang sama seperti single coil, namun menggunakan konstruksi humbucker. Sound yang dihasilkan mendekati humbucker namun dengan output yang lebih kecil.

Jadi, mana jenis pickup yang cocok untuk kalian?

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.