Victory Amps V40 The Duchess: Ampli 1 Channel dengan Berjuta Fitur Victory Amps V40 The Duchess: Ampli 1 Channel dengan Berjuta Fitur
Gitaris yang mempunyai banyak efek di pedalboardnya pastilah membutuhkan ampli yang dapat mengakomodir suara dari efek-efek tersebut hingga terdengar maksimal. Banyak ampli yang bagus... Victory Amps V40 The Duchess: Ampli 1 Channel dengan Berjuta Fitur

Soundcorners.com – Gitaris yang mempunyai banyak efek di pedalboardnya pastilah membutuhkan ampli yang dapat mengakomodir suara dari efek-efek tersebut hingga terdengar maksimal. Banyak ampli yang bagus namun tidak dapat mengeluarkan suara terbaik dari efek pedal, bisa karena konstruksinya, tidak tersedianya fx loop, dan masih banyak variabel lainnya. Tentu saja dibutuhkan juga basic clean sound yang mumpuni jika tidak menggunakan efek. Brand Ampli buatan UK, Victory Amps, membuat varian ampli untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Victory Amp V40 The Duchess.

Konstruksi

Victory Amps merupakan Amplifier Boutique asal UK. Konon kabarnya, Victory Amp masih mengandalkan buatan tangan untuk memproduksi amplinya, hingga dapat dipastikan amplinya berkualitas sangat baik, dengan kontrol kualitas yang teliti. Ampli dengan 1 channel ini menggunakan chassis berbahan baja ringan, dengan design yang compact sehingga tidak perlu ditaruh di bagasi pesawat. Panel depannya yang diberikan motif “bolong-bolong” juga memperindah design ampli ini, sehingga kita dapat mengintip isi “jeroan” Victory V40 The Duchess. Ampli full valve ini menggunakan tabung  3 X 12AX7 pada bagian preamp dan 2 X EL34 pada bagian poweramp

Fitur
Ampli dengan power 42 watt ini memiliki banyak fitur yang mumpuni. Pada panel depan, terdapat switch untuk memilih full power atau low power 7 watt. Sebagai fitur tambahan, di panel belakang tersedia single-ended mode, yang berfungsi untuk menonaktifkan salah satu tabung poweramp. Single-ended mode dapat mengurangi power menjadi 1,5watt di high power, dan 0,5watt di low power, sehingga dapat di crank volumenya hingga breakup saat bermain di ruangan kecil.

Victory V40 The Duchess memiliki 2 voicings. Voice 1 memiliki karakter american warm  clean tone  ala ampli Fender tahun 60an, dan voice 2 berkarakter chimey ala VOX AC30. Salah satu fitur yang lebih keren adalah switch kecil berlabel Mid Kick. Fungsi fitur Mid Kick ini tentu saja mengangkat frekuensi midrange sehingga tabung lebih cepat breakup dan menghasilkan overdrive tabung yang natural dan warm, tentu saja dengan meningkatnya frekuensi midrange, sound gitar akan lebih cut through the mix.

Untuk para pengguna pedal efek, tentu saja ampli ini menyediakan juga fitur fx loop untuk menaruh pedal efek dela dan reverb  kalian di antara preamp dan poweramp untuk menghasilkan sound pedal efek yang bersih dan maksimal. Victory V40 The Duchess juga menyediakan reverb digital. Sirkiuit Reverb yang dissediakann juga  dapat di hard bypass jika tidak dibutuhkan.

Review
Tim Soundcorners.com berkesempatan untuk menguji langsung Victory Amps V40 The Duchess di Gooswyn Guitars Shop (ig @gooswyn ) selaku distributor resmi Victory Amps. Kami menggunakan gitar Fender Japan Hybrid 60’s Stratocaster yang bisa didapatkan juga di Gooswyn Guitars Shop. Cabinet yang digunakan juga dari Victory Amps, yaitu V112c, open back cabinet dengan 1 speaker Celestion G12M-65 ukuran 12”. Pertama, kami mencoba bermain menggunakan voice 1 dan langsung terkagum kagum. Jika menggunakan gain kecil, sound warm clean ala tweed amp dapat didapatkan dengan mudah, jika gain digeber tabungnya breakup akan menghasilkan low overdrive natural yang warm dengan dinamika dan headroom yang sangat baik meskipun hanya menggunakan low power. Pada voice 2, sangat terasa peningkatan di frekuensi mid, dan juga menghasilkan sound chimey ala ampli inggris 60’an, apalagi jika ditambah fitur Mid Kick, akan menghasilkan medium overdrive yang cukup sangar. Reverb digital yang bersuara antara plate dan hall yang tersedia bersuara cukup modern, mungkin lebih baik jika menggunakan reverb spring agar lebih mendapat kesan vintage.

Banyak brand ampli yang berlomba lomba membuat ampli berchannel 2 atau lebih, dengain yang banyak tanpa memperhatikan kualitas sound cleannya. Meskipun hanya memiliki 1 channel, kita dapat menghasilkan sound clean hingga low&medium overdrive yang mumpuni, sangat cocok untuk kalian pecinta musik blues, jazz, country, hingga rock. Dengan basic sound yang mumpuni, tentu saja pedal-pedal  favorit kalian akan mengeluarkan suara maksimalnya.

  1. Konstruksi: 8/10
  2. Fitur: 8,5/10
  3. Sound: 9/10
  4. Harga:8/10

Spesifikasi: 

  • Format:  Single channel head
  • Power:  42 Watts,
  • Low Power: 7 Watts,
  • High Power Single-Ended: 1.5 Watts,
  • Low Power Single-Ended: 0.5 Watts
  • Valves: 3 x 12AX7, 2 x EL34 as standard
  • Size (mm): 342(w) x 185(h) x 185(d) including handle, feet & controls
  • Weight: 8.2kg / 18.1lbs
  • Extra features:
  • Two-position Voice switch
  • Mid Kick switch
  • Footswitchable digital reverb with hard bypass option
  • Series effects loop with hard bypass
  • Power valves switchable to 6L6
  • Single-ended mode
  • Skeletonised metal case with rubber handle
  • Padded carry bag included
  • Single-button footswitch for reverb on/off included

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.