Ableton 10.1 : DAW Terbaik Untuk Eksplorasi Suara Ableton 10.1 : DAW Terbaik Untuk Eksplorasi Suara
Di zaman serba praktis ini, para musisi juga turut merasakan perkembangan teknologi ya semakin pesat tiap tahunnya. Apalagi dengan maraknya Digital Audio Workstation atau... Ableton 10.1 : DAW Terbaik Untuk Eksplorasi Suara

Soundcorners.com – Di zaman serba praktis ini, para musisi juga turut merasakan perkembangan teknologi ya semakin pesat tiap tahunnya. Apalagi dengan maraknya Digital Audio Workstation atau DAW yang memudahkan para musisi untuk menyalurkan ide kreatifnya menjadi suatu karya, dengan cara yang sangat praktis. Salah satunya adalah Ableton.

Pada tanggal 21 Februari 2019, Chandracom selaku distributor resmi untuk Indonesia, menggelar acara yang tujuannya mensosialisasikan update terbaru Ableton Live 10. 1. Acara yang diberita tema Electronic Music Production Workshop “Track Deconstruction & Music Production” ini mendatangkan langsung Christian Schwanz yang adalah seorang Ableton Certified Trainer untuk menjadi pembicara. Acara yang digelar di auditorium SAE Jakarta ini berlangsung cukup seru, penjelasan yang sangat detail dari Christian Schwanz tentang fitur-fitur terbaru di Ableton Live 10.1. Selain itu, Christian Schwanz juga menjelaskan secara dalam tentang penggunaan Push 2 yang merupakan midi controller untuk DAW Ableton. Menurut pihak Chandracom, selain sosialisasi update Ableton terbaru, tujuan utama dari acara ini adalah mengedukasi teman-teman yang bergiat di bidang audio untuk tidak membajak DAW keren, kita juga tidak mau musik kita dibajak, bukan?

Lalu, apa sebenarnya keunggulan Ableton dibanding DAW lain? Sangat banyak. Pertama, Tampilan Ableton yang cukup sederhana, menghasilkan penggunaan RAM yang tidak terlalu besar, sehingga meskipun hanya menggunakan komputer berkekuatan “jadul” Ableton dapat berfungsi dengan lancar. Selain itu, karena penggunaan RAM yang kecil, musisi bisa menggunakan Ableton untuk live performance secara aman, apalagi ditambah dengan midi controller Push 2 yang makin memudahkan untuk eksperimen langsung di atas panggung. Ditambah lagi dengan efek-efek suara yang juga sudah disediakan Ableton untuk para musisi yang suka bereksperimen dengan sound.

Saat di temui tim soundcorners.com bapak Setiadi dari pihak Chandracom mengungkapkan bahwa harga Ableton Live 10.1 yang berkisar di 11 jutaan ini sudah sangat murah, bahkan lebih murah dari negara asalnya, yaitu Jerman, yang bisa mencapai 20 jutaan. Ditambah lagi banyak promo menarik yang disediakan oleh Chandracom, seperti pembelian Ableton yang sudah termasuk midi controller Push 2, lalu setiap mahasiswa baru di SAE juga sudah termasuk mendapat DAW Ableton Live 10.1

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.