Allen Heath ZEDi10FX Inovasi Mixer Hybrid Allen Heath ZEDi10FX Inovasi Mixer Hybrid
Di dunia live music professional, nama Allen Heath memiliki reputasi sangat baik berkat line up mixer digital seperti QU dan SQ Seriesnya yang SoundCorners... Allen Heath ZEDi10FX Inovasi Mixer Hybrid

Soundcorners.com – Di dunia live music professional, nama Allen Heath memiliki reputasi sangat baik berkat line up mixer digital seperti QU dan SQ Seriesnya yang SoundCorners yakin pembaca sudah sering melihatnya baik saat diterjunkan sebagai touring system maupun sebagai installed system. Namun jangan lupa bahwa Allen Heath juga memiliki mixer kompak analog ZED Series dan ZEDi Series (dengan USB) yang patut diperhitungkan. Kali ini SoundCorners akan membahas ZEDi10FX yang saat artikel ini ditulis, merupakan line up tertinggi dalam ZED Series. Dari segi desain, ZEDi10FX yang tidak menggunakan fader jenis slide pada channelnya ini cukup unik dengan lekukan-lekukan di sekeliling chassisnya. Rupanya, lekukan tersebut memiliki sisi yang berfungsi sebagai tempat pegangan tangan sehingga membuatnya sangat portable. SoundCorners sudah membayangkan bahwa ZEDi10FX ini akan sangat mudah diletakkan dalam ruangan home recording atau bahkan kamar tidur sekalipun.

Hybrid Mixer

Hybrid mixer, itulah klaim dari Allen Heath terhadap ZEDi10FX ini. Jika pabrikan lain menggunakan konsep hybrid untuk mengacu pada penggunaan fitur-fitur mixer digital pada mixer analog, maka Hybrid pada ZEDi10FX ini menandakan kemampuan multitrack recording hingga 4 in dan 4 out! Tidak hanya itu, kita juga bisa memilih sumber dari empat input ini. Pada posisi default, maka sumber input mengambil dari channel M1, M2, M3, dan M4 (lihat foto). Tapi kita juga bisa memilih untuk mengambil dari output lain misalnya channel M1, M2, lalu Main Mix L dan R hanya dengan sebuah tombol. Ini berguna saat misalnya kita sedang membuat komposisi lagu yang terdiri dari pemain gitar dan bassist pada channel M1 dan M2 tapi ingin tetap menyimpan hasil rekaman si gitaris dan bassis secara terpisah. menggunakan konsep yang sama, SoundCorners menggunakan ZEDi10FX ini untuk melakukan review pada amplifier gitar elektrik yang memiliki Direct Out, lalu kita dapat membandingkan karakter rekaman antara metode direct dengan todong menggunakan microphone instrument seketika. Hasil rekaman cukup natural dan rendah noise.

Tidak ketinggalan, pada ZEDi10FX ini juga terdapat tombol berlogo gitar yang maksudnya adalah Hi-Z untuk mengambil sumber langsung dari instrument seperti gitar akustik maupun bass elektrik. ZEDi10FX mengklaim bahwa tombol ini memungkinkan kita untuk mencolok instrument tersebut langsung tanpa memerlukan DI BOX.

Fitur dan Bundling Lengkap

Selain fitur multitrack recording tadi, ZEDi10FX juga memiliki efek onboard seperti delay, reverb, delay dengan reverb, chorus, dan sebagainya. Menariknya, fitur efek ini juga memiliki tap tempo. SoundCorners cukup kagum dengan kualitas delay dan reverbnya yang tidak seperti mixer analog kebanyakan. Pada ZEDi10FX, kualitas efeknya terdengar serius dan tidak terkesan hanya ala kadarnya. Untuk melakukan recording via USB, Allen Heath melengkapi paket penjualannya dengan DAW Cubase LE. Dengan bentuk kompak, portable, dan kemampuan multitrack recording, SoundCorners sangat merekomendasikan ZEDi10FX ini untuk para penggiat home recording seperti penulis lagu, videographer mobile, hingga mungkin live band akustik skala kecil.

Spesifikasi

  • 4 in, 4 out USB Audio Interface (24-bit/96kHz)
  • Termasuk Cubase LE
  • Termasuk Cubasis LE App
  • 4 Mic / Line Input
  • 2 Stereo Inputs TRS
  • 2 Guitar DI high impedance input
  • Internal FX Engine dengan Tap Tempo
  • Lo-cut filter
  • 3 band EQ
  • Aux out untuk monitor speaker atau in-ear / headphone monitor
  • XLR main output
  • 48V Phantom Power

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.