Audio Technica AT4050 – Microphone Condenser Segala Arah. Audio Technica AT4050 – Microphone Condenser Segala Arah.
Polar Pattern adalah cara microphone menangkap arah sumber suara. Di dunia audio, microphone vokal atau pidato handheld biasa menggunakan Polar Pattern Cardioid yang dominan... Audio Technica AT4050 – Microphone Condenser Segala Arah.

Soundcorners.com – Polar Pattern adalah cara microphone menangkap arah sumber suara. Di dunia audio, microphone vokal atau pidato handheld biasa menggunakan Polar Pattern Cardioid yang dominan menangkap suara dari satu titik, tempat microphone diarahkan. Ada juga Super Cardioid yang cakupan suaranya lebih sempit lagi. Baik Super Cardioid dan Cardioid dapat dikategorikan sebagai microphone unidirectional karena memang hanya menuju ke satu arah penangkapan suara. Namun, yang seringkali orang belum ‘ngeh’ adalah microphone dengan polar pattern Omnidirectional. Dilihat dari namanya, mungkin sudah ketebak bahwa microphone ini dapat menangkap sinyal dari segala arah secara merata. Mungkin pada banyak situasi memang tidak cocok untuk pidato. Bayangkan jika kita sedang melakukan rekaman vokal di rumah, maka bisa-bisa suara cicak di belakang kita bisa tembus dengan sangat jelas. Akan tetapi, Omnidirectional pada situasi tertentu memiliki keunggulan terutama saat menangkap penampilan musik. Seperti menangkap suara tepuk tangan yang mengelilingi microphone. Terakhir, ada polar pattern Figure of Eight yang menangkap suara dari depan dan belakang mic dengan gain sama besarnya. Ini dapat kita gunakan contohnya untuk wawancara dua arah, atau menangkap suara gitar akustik baik dari sisi soundhole dan sisi neck.

Switchable Polar Pattern

Mengapa SoundCorners membahas polar pattern tersebut dulu? Karena dengan Audio Technica AT4050, kita bisa mendapatkan microphone dengan polar pattern Omnidirectional, Cardioid, dan Figure of Eight hanya dengan sebuah switch kecil di microphonenya! Jadi, mungkin kita tidak perlu mengkoleksi beberapa microphone dengan polar pattern yang berbeda. Microphone AT4050 ini dikemas dengan packaging yang terkesan mewah dengan bonus pouch dan shock mount yang sangat kokoh. SoundCorners sangat menyukai shock mount bawaan microphone ini karena tali temalinya tidak gampang lepas.

SoundCorners langsung mencobanya di studio, menghubungkannya ke mixer, dan mendengarkan hasil rekaman suara pria dewasa dengan headphone. Suara sangat transparan, natural dan cukup detail. Sangat nyaman mendengarkan suara sendiri di monitor speaker maupun di headphone. Tentunya dengan mode Cardioid. Pada saat mengganti polar pattern ke Omnidirectional, SoundCorners merasakan perubahan gain yang sedikit kecil dari Cardioid namun fungsi Omnidirectionalnya sangat berhasil. Microphone ini sanggup menerima sumber suara dari segala arah tanpa ada perbedaan gain. Begitu pula dengan polar pattern Figure of Eight, microphone hanya menerima sumber dari dua arah.

Hi Pass Filter dan Pad

Jika masih belum lengkap juga, AT4050 masih memberikan bonus switch Hi Pass Filter dan Pad untuk mengurangi gain yang ditangkap. Hi Pass Filter yang terletak di microphone ini merupakan kado manis bagi musisi home recording karena fungsi Hi Pass Filter biasanya hanya terdapa di mixer. Jadi bagi musisi atau produser yang menggunakan soundcard atau audio interface yang tidak memiliki Hi Pass filter, switch ini tentu bisa menjadi senjata rahasia. Hi Pass Filter ini merupakan fitur yang biasa diaktifkan saat mereproduksi suara manusia agar frekuensi menjadi lebih terfokus wilayah itu. Sedangkan Pad bisa kita manfaatkan saat sumber suara terlalu keras volumenya seperti amplifier gitar atau instrument akustik yang menyebabkan mixer menjadi peak.

Dengan build quality, sound quality, dan segalanya faedahnya, Audio Technica AT4050 ini sangat direkomendasikan untuk siapapun yang membutuhkan banyak opsi dari sebuah microphone condenser berkualitas.

Minimum Advertised Price : Rp 12.232.000

Spesifikasi :

Element Externally-polarized (DC bias) condenser
Polar Pattern
– Cardioid,
– Omnidirectional,
– Figure-of-eight
Frequency Response 20-18,000 Hz
Low Frequency Roll Off 80 Hz, 12 dB/octave
Open Circuit Sensitivity -36 dB (15.8 mV), re 1V at 1 Pa

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.