Audio Technica System 10 Pro ATW-1312 Audio Technica System 10 Pro ATW-1312
Sebuah wireless system tidak hanya diperlukan bagi kebutuhan musik, tapi penggunaannya sangat luas mulai dari kegiatan seminar hingga ibadah. Jenis transmitternya pun bisa beragam,... Audio Technica System 10 Pro ATW-1312

System Digital Wireless Yang Fleksibel

Soundcorners.com, Jakarta – Sebuah wireless system tidak hanya diperlukan bagi kebutuhan musik, tapi penggunaannya sangat luas mulai dari kegiatan seminar hingga ibadah. Jenis transmitternya pun bisa beragam, mulai dari microphone handheld, lavalier (clip on), bahkan hingga instrument elektrik seperti gitar elektrik, bass elektrik, dan microphone untuk instrument akustik seperti saxophone atau sejenisnya. Nah, kali ini SoundCorners akan mereview Audio Technica System 10 Pro yang tipe ATW-1312, yaitu yang termasuk transmitter bodypack dan handheld dynamic microphone.

Dari segi fisik dan penampilan, SoundCorners cukup kagum dengan packagingnya yang professional. Mulai dari kemasan, material casing, hingga desain dari semua yang termasuk dalam paket ini. Mulai dari receiver, bodypack, dan microphonenya. Kita mulai dari receivernya. Meski terwujud dalam sebuah unit rack, namun kita dapat melepas kedua receivernya dan meletakkannya terpasang pada dinding atau permukaan keras. Untuk menghubungkan receiver dengan chassis, kita bisa menggunakan kabel RJ45 hingga 100 meter. Receiver yang dapat dilepas ini dapat digunakan jika kita ingin meletakkan chassis racknya di ruangan atau zona yang terpisah.

Receiver dapat dilepas

 

Sedangkan untuk masalah pengoperasian, sistem wireless ini tidak membutuhkan banyak settingan. Bahkan, dari pabriknya sudah disetting agar seluruh transmitter dalam pembelian sudah ter-pairing. SoundCorners bahkan tidak perlu membaca manual untuk menggunakannya. Seluruhnya sudah plug-and-play. Sedangkan layar pada chassis sudah cukup jelas. Terdapat ID number untuk masing-masing channel, status sinyal, dan status baterai adalah informasi-informasi penting yang wajib kita pantau.

Microphone handheld yang termasuk adalah tipe ATW-T1002 yang merupakan microphone dinamis. Dari segi desain, Audio Technica dengan cerdik menempatkan tombol Power/Mute tepat di ujung microphone sehingga tersembunyi dengan sangat baik. Tersamar dengan keseluruhan body microphone sehingga terlihat professional. Suaranya cukup detail dengan clarity yang sangat baik untuk kelas microphone dinamis. Tidak ada bocoran suara dari sistem wireless lainnya meski di ruangan kami juga terdapat komputer, laptop, mixer, handphone, bahkan amplifier gitar yang menyala.

Sedangkan untuk bodypack transmitternya memiliki desain yang agak berbeda dengan microphone handheldnya. Bodypack transmitter tipe ATW-T1001 memang memiliki font pada layar yang sama dengan microphonenya, namun memiliki penampilan yang lebih ramai dengan tulisan “System 10” yang cukup mendominasi. Agak seperti handphone jadul. Tapi, SoundCorners cukup menyukai bahannya yang sepertinya tahan gores dan sangat pas dari segi ketebalan. SoundCorners bahkan mencoba melakukan produksi video dengan meletakkan bodypacknya di dalam saku celana dan tidak terasa mengganggu karena bobotnya yang juga ringan meski sudah terisi baterai. Untuk kualitas suara dapat dibaca pada review “Audio Technica AT829cW”.

 Mengapa ada tipe wireless system seperti System 10 Pro yang hanya termasuk bodypack transmitter seperti ini? Karena agar kita dapat dengan bebas membeli jenis microphone sesuai kebutuhan kita. Seperti lavalier (clip on) AT829cW untuk kebutuhan speech, pidato, seminar, atau ibadah (seperti imam sholat), hingga microphone instrument seperti ATM350UcH. Jadi, meskipun microphonenya berbeda, kita bisa tetap menggunakan bodypack transmitter yang sama. Saat kebutuhannya berbeda, kita tinggal mengganti microphonenya saja. Hal ini bisa sangat membantu bisnis rental sound system, rental audiovisual, hingga pengelola gedung komersil agar dapat melakukan investasi yang lebih efisien. Bahkan jika kita menginginkan paket versi lain, juga tersedia tipe lain dari paket ini seperti misalnya ATW-1322 yang berisi dua buah handheld microphone atau ATW-1311/L yang berisi dua buah lavalier, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi:

Frekuensi Operasional : 2.4 GHz ISM band (2400 to 2483.5 MHz)

Dynamic Range : >109 dB

Rentang Operasional : 60 meter

Frequency Response : 20 Hz to 20 kHz (tergantung tipe microphone)

Audio Sampling: 24 bit / 48kHz

Latency: 3.8 mS

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.