Blackstar HT Club 40, Ampli Tabung Kompak Serbaguna Blackstar HT Club 40, Ampli Tabung Kompak Serbaguna
Blackstar adalah salah satu produsen amplifier yang masih konsisten menelurkan line up amplifier tabung bersamaan dengan amplifier digitalnya. Dan yang harus kita acungi jempol... Blackstar HT Club 40, Ampli Tabung Kompak Serbaguna

Soundcorners.com – Blackstar adalah salah satu produsen amplifier yang masih konsisten menelurkan line up amplifier tabung bersamaan dengan amplifier digitalnya. Dan yang harus kita acungi jempol adalah, Blackstar seakan tidak pilih kasih dan tidak mengenal kompromi karena baik amplifier digital maupun tabungnya sama-sama memiliki pendekatan inovatif dan mampu diterima oleh masyarakat. Di review kali ini, Blackstar HT Club 40 yang merupakan amplifier full tabung. Pada panel depan, sebenarnya kontrol terlihat sederhana. Namun jika kita jeli, kita akan melihat 2 buah tombol kecil bernama “Voice” di setiap Channelnya. Ini artinya, amplifier ini sebenarnya punya empat channel! Tentu saja kita akan disuguhkan knob ISF khas Blackstar yang bisa memadukan karakter sound American dan British.

Fitur Voice

Salah satu yang unik dari amplifier ini adalah fitur Voice yang terdapat di setiap channel-nya. Perlu dipahami bahwa fitur ini bekerja secara berbeda untuk masing-masing channel. Contohnya pada channel Clean, tombol Voice ini berfungsi mengubah karakter yang lebih vintage yang sedikit dominan di frekuensi middle dan high saat tombol ‘off’ dan akan menjadi lebih modern yang lebih rapat dan ngebass saat ‘on’. Sedangkan pada channel Overdrive, saat Voice ‘off’ akan membuat sound classic overdrive dan saat ‘on’ akan membuatnya sedikit lebih gemuk. Fitur Voice ini menurut SoundCorners memang perubahannya sangat halus. Untuk perubahan karakter suara yang lebih dramatis, kita bisa lebih mengandalkan equalizer dan tentu saja knob ISF-nya.

Dari segi sound, kami sangat kagum karena meskipun tidak dibekali sederet simulai seperti rekan-rekannya di Series Blackstar ID, namun knob Gain dan Volume dari Blackstar HT Club 40 ini sangatlah responsif sehingga kita bisa  mencapai berbagai jenis karakter sound. Artinya, amplifier ini sangat fleksibel. Ternyata pantas saja, speakernya pun bukan ‘kaleng-kaleng’. Sebuah Celestion Seventy 80 menjadi tulang punggung dari amplifier ini. Mewah!

Reverb Dua Mode

Blackstar HT Club 40 ini memang hanya memiliki sebuah Reverb dengan kontrol yang sederhana, khas Reverb analog ampli tabung. Tapi cobalah lihat pada panel belakang. Kita akan menemukan sebuah tombol Reverb Dark/Light yang dapat mengubah karakter Reverb-nya. Sesuai namanya, saat Dark maka karakter Reverb akan terasa lebih warm. Sedangkan pada saat Light, ‘buntut gaung’ dari Reverbnya akan terasa lebih cerah. Sayangnya, tombol ini memang terletak di belakang sehingga mungkin kita harus lebih dulu menentukan karakter Reverb yang diinginkan akan seperti apa.

Full Tube, Ringkas, Fleksibel

Dengan karakter yang sangat serbaguna, ringkas, dan fitur yang ‘to the point’ seperti ini, kita bisa langsung colok dan tidak akan pernah khawatir akan kualitas sound. Amplifier ini sangat cocok bagi gitaris professional yang bermain di banyak band atau sebagai amplifier studio kelas atas. Jangan lupa, meski hanya dibekali sebuah speaker, ampli ini cukup keras untuk digunakan bersama bassist dan drummer.

Spesifikasi

Power (RMS): 40 Watts

Tabung : 2 x ECC83, 2 x EL34

Berat (kg): 24.4

Dimensi (mm): 619 x 566 x 297

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.