Blackstar ID:30 TVP – Kekuatan Amplifier Tabung Dari Combo Solid State Blackstar ID:30 TVP – Kekuatan Amplifier Tabung Dari Combo Solid State
Blackstar ID:30 TVP – Kekuatan ampli tabung dari combo solid state Jika kita mendengar kata “Blackstar ID”, yakin deh banyak dari kita yang langsung... Blackstar ID:30 TVP – Kekuatan Amplifier Tabung Dari Combo Solid State

Soundcorners.com – Jika kita mendengar kata “Blackstar ID”, yakin deh banyak dari kita yang langsung kepikiran amplifier dengan fitur yang memudahkan kita jamming, latihan, hingga bikin konten di sosmed. Itu karena “Blackstar ID CORE” cukup sukses menarik perhatian banyak gitaris yang lebih banyak berada di kamar dengan laptopnya. Tapi bagaimana jika kita ingin Blackstar ID yang lebih ‘nge-band’? Jangan khawatir, Blackstar ID juga punya line up “ID Series” (tanpa “CORE”) yang tersedia dari model 15 Watt combo hingga versi 100 Watt Head dan Cabinetnya. Nah kali ini yang mampir di Soundcorners adalah versi 30 Wattnya yaitu Blackstar ID:30TVP.

Enam Pilihan Sound Utama

Wah, kita mulai dari mana ya? Banyaknya kontrol dan pilihan tone mungkin bisa membuat gitaris yang terbiasa dengan amplifier tradisional merasa gaptek. Tapi, jangan takut! Kita bisa mulai dari knob paling kiri bernama VOICE. Di sini kita langsung diberikan enam pilihan sound utama. Dari mulai sangat clean di paling bawah, hingga knob diarahkan ke atas, sound akan menjadi semakin besar gain-nya. Menurut SoundCorners, amplifier ini memang tidak punya karakter yang mengarah ke sound tertentu karena sangat serbaguna.

TVP Adalah Senjata Rahasia

Jujur saja, sebelum menyalakan dan memainkan amplifier ini, mungkin kita tidak terlalu ‘ngeh’ dengan tiga huruf TVP ini. Tapi cobalah mengaktifkan tombol TVP di tengah panel depan amplifier ini. Ada kejutan yang sangat manis, yaitu tone gitar yang sangat warm, loud, dan kaya. Tidak salah lagi, ini adalah ciri khas sound amplifier tabung! Saat mengaktifkan TVP ini, mungkin kita bertanya-tanya “lantas apa gunanya mematikan fitur TVP ini? Kenapa tidak menyala saja terus-menerus?”. Well, jawabannya tidak ada di ujung langit. Adanya di website Blackstar yang menerangkan bahwa tujuannya adalah memberikan kita pilihan tone sebanyak mungkin.

Fitur TVP ini tidak hanya berfungsi untuk menjadikannya bersuara loud seperti ampli tabung. Tapi kita juga disuguhkan pilihan karakter suara berdasarkan simulasi tabung power amp. Mulai dari EL84 yang kalem, EL34 ala British, hingga KT88 yang menghentak. Menurut SoundCorners, mengutak atik pilihan tabung power amp ini lebih terasa perbedaan karakternya daripada memainkan knob ISF (pilihan tone British/US) di bagian ekualisasi.

Speaker Emulated Output

Meski harus diakui sound dari speaker 12 inchi-nya lebih ‘dapet’ saat ditodong, adanya speaker emulated output bisa berguna jika tidak tersedianya ruangan yang kondusif. Sayangnya, koneksi emulated output ini dijadikan satu dengan headphone out dan jenis konektornya adalah yang 3.5 mm. Sehingga, SoundCorners harus menggunakan converter untuk menghubungkannya ke mixer/audio interface.

Banyak Sound untuk Semua Gitaris

Mari kita hitung-hitung. Ada enam jenis voice dan enam jenis simulasi power amp, itu artinya ada 36 pilihan tone yang dapat kita simpan dalam 128 preset! Bahkan, kita juga bisa lebih nyaman mengedit dan menyimpan soundnya melalui software Blackstar Insider. Fitur ini membuat SoundCorners menduga bahwa Blackstar ID:30TVP ini merupakan pilihan bagi gitaris yang bermain di banyak band dengan genre berbeda-beda dan membutuhkan amplifier yang kompak untuk di studio pribadinya. Banyaknya pilihan sound tentu akan sangat membantu dalam menulis lagu yang style-nya berbeda-beda, bukan?

Watt: 30
Inputs: Guitar Input, MP3/Line Input, USB Input
Control:
6 Voices, Gain, Volume, Bass, Treble, ISF, TVP, 12 Effects, Effects Level, USB, MP3/Line Input
Channel: 6 – Clean Warm, Clean Bright, Crunch, Super Crunch, OD 1, OD 2
Ukuran Speaker : 1×12 Inchi

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.