Budda Karma Chorus – Faedah Dua Efek Modulasi Budda Karma Chorus – Faedah Dua Efek Modulasi
Jika kita bicara efek gitar, terkadang yang benar-benar bisa disebut ‘efek’ adalah kategori modulasi. Yaitu misalnya Chorus, Vibrato, Flanger, Phaser, dan kawan-kawan.  Dari berbagai... Budda Karma Chorus – Faedah Dua Efek Modulasi

Soundcorners.com, Jakarta – Jika kita bicara efek gitar, terkadang yang benar-benar bisa disebut ‘efek’ adalah kategori modulasi. Yaitu misalnya Chorus, Vibrato, Flanger, Phaser, dan kawan-kawan.  Dari berbagai efek modulasi, bisa dibilang Chorus merupakan yang paling populer. Bahkan tidak hanya pedal, amplifier dan gitar akustik pun ada yang memasukkan efek ini secara onboard. Oleh karena itu, kali ini SoundCorners akan membahas pedal chorus besutan Budda yaitu Karma Chorus.

Melihat casing-nya, rupanya warna biru memang favorit bagi banyak produsen untuk digunakan pada pedal Chorus termasuk oleh Budda. Namun, artwork dari Karma Chorus lebih memperlihatkan nuansa butik. Apalagi, knob-knobnya pun masih tetap mengacu pada yang digunakan amplifier Budda.

Chorus Mewah

SoundCorners menguji coba Budda Karma Chorus ini dengan menghubungkannya ke effects loop (send-return) Peavey 6505+. Tone chorus yang dapat kita dengar adalah karakter yang tetap mengedepankan clarity tiap senar, tidak menggulung meskipun knob Speed dan Depth sudah di atas posisi jam 12. Jika kita menginginkan karakter Chorus yang berbeda, maka pedal bisa dipasang sebelum input amplifier. Pedal ini pun dapat bekerja sama baiknya, tergantung selera saja.

Satu fitur yang membuat pedal ini mewah adalah adanya fungsi Vibrato yang dapat di blend dengan chorus. Ini merupakan suatu fitur cerdas yang benar-benar unik, mengingat Budda Karma Chorus bukanlah multiefek digital. Fungsi blend ini hanya aktif saat footswitch kiri diaktifkan. Setelah itu, kita dapat mengatur seberapa jauh pedal ini berubah menjadi pedal vibrato. Patut diingat bahwa efek vibrato dan chorus sendiri memang masih bersaudara. Yang membedakannya, efek vibrato lebih agresif dalam mengubah sinyal asli kita. Sehingga, fitur Speed dan Depth-nya masih bisa digunakan baik oleh Chorus maupun Vibrato.

Pedal Budda Karma Chorus sangat layak menjadi tulang punggung modulasi di pedalboard gitaris yang doyan mengulik tone. Bukan hanya karena sound Chorusnya yang tebal dan musikal, tapi bisa jadi ada paduan Vibrato dan Chorus yang selama ini dicari bisa kita dapatkan di sini.

Spesifikasi

Heavy duty diecast housing
True Bypass
9V battery compartment
9V DC adapter plug (+ ring)
Heavy duty bypass switch
Heavy duty select switch
Gain control
Level control
Depth control
Speed control
Weight Packed: 1.00 lb(0.454 kg)
Width Packed: 4.35″(11.049 cm)
Height Packed: 5.75″(14.605 cm)
Depth Packed: 3″(7.62 cm)

 

Minimum Advertised Price : Rp 2.058.000

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.