Eno NTRL Exclusive Interview: Berani Ngulik, Jangan Jadi Drummer Males! Eno NTRL Exclusive Interview: Berani Ngulik, Jangan Jadi Drummer Males!
Jika saya dan teman-teman ditanya, siapa drummer kesukaan? Jawaban mayoritas sudah dapat dipastikan akan menyebut nama Eno Gitara Ryanto atau yang akrab disapa Eno... Eno NTRL Exclusive Interview: Berani Ngulik, Jangan Jadi Drummer Males!

Soundcorners.com – Jika saya dan teman-teman ditanya, siapa drummer kesukaan? Jawaban mayoritas sudah dapat dipastikan akan menyebut nama Eno Gitara Ryanto atau yang akrab disapa Eno NTRL (former: Netral). Drummer yang namanya makin mencuat ke permukaan semenjak bergabung dengan Netral ini memulai karirnya sebagai drummer band kampus, hingga session player. Hubungan Eno dan Mitten sebagai teman dekatlah yang ternyata sangat berjasa dalam hal terpilihnya Eno sebagai drummer Netral yang semakin solid hingga saat ini.

Selain eksis sebagai drummer dari salah satu band rock paling berpengaruh di Indonesia, Eno memutuskan untuk memakai nama dan ilmunya untuk membuka EDS (Eno Drum School). “Dulu awalnya gue diajak Robin Noxa, dan akhirnya gue belajar dikit soal partitur musik dan segala macem, dan akhirnya dapet bantuan juga dari Donny Cupumanik untuk kelas-kelasnya” ungkap Eno. Menurut Eno, di EDS dia mendapatkan banyak pengalaman yang sangat menarik bahkan dari murid-murid yang usianya tergolong muda.

Untuk drum, saat ini Eno bergabung bersama Yamaha sejak beberapa saat lalu. Untuk bass drum, Eno memilih kick ukuran 22” untuk lagu-lagu bertempo cepat dan 24” untuk yang bertempo medium. Untuk snare Eno memilih ukuran 14” dengan ketebalan 5.5-6” untuk attack single stroke yang pantulannya lebih enak, dengan tuning yang ketat. Untuk cymbal, Eno juga bergabung bersama Sabian. Eno menggabungkan HHX dan AAX pada crash, settingan yang sangat simple untuk permainannya yang tidak simple.

Masih banyak lagi yang kami perbincangan dengan Eno Gitara, bahkan, Eno memberikan sedikit klinik tentang bagaimana bermain slide kick yang baik dan benar. Penasaran kan? Saksikan video lengkapnya hanya di kanal youtube SoundCorners. Jangan lupa comment, like, share, dan subscribe ya!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.