Genelec M030 – Kualitas Monitoring Kelas Dunia Genelec M030 – Kualitas Monitoring Kelas Dunia
Mendengar brand Genelec, seharusnya sudah menjadi kewajaran bahwa kita sedang membicarakan nama besar dalam dunia monitoring speaker. Khusus untuk M030 sendiri, produk ini telah... Genelec M030 – Kualitas Monitoring Kelas Dunia

Soundcorners.com – Jakarta, Mendengar brand Genelec, seharusnya sudah menjadi kewajaran bahwa kita sedang membicarakan nama besar dalam dunia monitoring speaker. Khusus untuk M030 sendiri, produk ini telah berhasil menyabet sejumlah penghargaan seperti  PIPA (Pro Light & Sound International Press Award) 2014 dan TEC (Technical Excellence and Creativity) Award 2014 – Studio Monitor Technology di NAMM ke-29. Tidak heran, dari segi bobot dan enclosurenya memang mewah dan professional. Bahkan, Genelec menyebut Natural Composite Enclosure™ yang menjamin penggunaan bahan ramah lingkungan dengan memadukan kayu dari Finlandia dan material komposit lainnya.

Aspek ramah lingkungan lain juga terdapat pada sistem powernya yang memiliki ISS (Intelligent Signal Sensing) Function, yaitu kemampuan speaker ini berada dalam mode standby saat tidak ada playback dan hanya mengkonsumsi daya 0.5 Watt. Tetapi, Genelec tetap merekomendasikan agar switch power berada pada posisi OFF saat speaker tidak digunakan selama berhari-hari atau saat kita sedang menghubungkan dan melepas kabel koneksi.

 Panel Belakang Yang Komplit

Kemudahan dapat kita nikmati pada Genelec M030 ini berkat adanya pilihan konektor yang lengkap. Yaitu RCA, 1/4″, dan tentunya XLR. Selain konektor-konektor ini, kita juga akan menemukan beberapa switch Bass Level, EQ, dan Level. Switch ini berguna untuk menyesuaikan suara yang kita dengar dari speaker dengan karakteristik akustik ruangan dan bagaimana speaker diletakkan. Tujuannya adalah mencapai suara senetral mungkin, sehingga memudahkan kita dalam memixing lagu dengan nyaman. Petunjuk penggunaan switch ini dapat dengan mudah diikuti dari buku manualnya. Karena speaker Genelec ini ditempatkan diatas permukaan keras dan berada dekat pada pendengar saat SoundCorners menggunakannya, Bass Level berada pada posisi -2dB, dan EQ berada pada posisi Tabletop EQ. Sedangkan switch Level dapat disesuaikan dengan kekerasan yang kita mau.

Sound Natural Yang Nyaman

SoundCorners menggunakan Genelec M030 ini untuk mereview beberapa pedal gitar sekaligus dan kita dapat merasakan tone dari masing-masing pedal dengan jelas dan detail. Karena pedal gitar memiliki banyak knob dan fitur-fitur berbeda, ini sangat memudahkan SoundCorners dalam menganalisa bagaimana knob-knob tersebut mempengaruhi karakter suara gitar kita. Bahkan pada saat SoundCorners memilih switch Level pada posisi High, suara speaker ini cukup loud namun tidak kehilangan detailnya, apalagi sampai terdistorsi. Berada di segmen kelas monitoring professional, Genelec M030 dengan fitur yang sanggup mencapai tingkat kedetailan seperti ini sangat layak menjadi investasi awal studio rekaman atau bagi home recording yang ingin meningkatkan kualitas produksinya.

Minimum Advertised Price : Rp 13.464.000

Spesifikasi :

Max Output: 105 dB SPL

Frequency Range (-3dB) : 58 Hz – 21 kHz

Crossover Frequency : 3 kHz

Bass driver : 5″

Treble driver: 3/4″

Power :  80 W + 50 W

Berat : 4.9 kilogram

Dimensi : 273 x 190 x 190 mm

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.