Mackie ProFX16V3, Mixer Analog Serbaguna Mackie ProFX16V3, Mixer Analog Serbaguna
Mackie sudah lama dikenal sebagai produsen untuk produk-produk professional yang namanya cukup disegani. Bahkan, bisa dibilang hampir seluruh line up mixer dan speakernya sudah... Mackie ProFX16V3, Mixer Analog Serbaguna

Soundcorners.com – Mackie sudah lama dikenal sebagai produsen untuk produk-produk professional yang namanya cukup disegani. Bahkan, bisa dibilang hampir seluruh line up mixer dan speakernya sudah cukup legendaris. Mixer ProFX-nya yang kini sudah memasuki generasi ketiga hadir dengan banyak fitur penting yang dapat memudahkan semua orang memproduksi konten-konten kreatif di mana saja, termasuk di rumah.

Koneksi Lengkap

Di kelas 16 channel, Mixer ini memiliki bobot tidak sampai 7 kilogram. Secara detail, ProFX16v3 ini memiliki 11 mic input dan 16 line input, dengan dua mic inputnya memiliki switch “Hi-Z” yang bisa kita gunakan untuk mengirim sinyal langsung dari instrument seperti gitar akustik elektrik atau bass elektrik. Salah satu hal kecil tapi perlu kita apresiasi adalah desain fadernya yang didesain agar mudah terlihat sehingga memudahkan akses bagi operator.

Berbeda dengan adiknya yang 12 channel, ProFX16v3 memiliki fitur yang jauh lebih lengkap, dengan jumlah compressor hingga dua kali lipatnya, yaitu 8 one knob compressor. Selain itu, koneksi mixer ini juga memiliki 3 Aux Send, dan 4 Sub Out. Perbedaan lainnya  adalah Main Out-nya yang tidak terletak pada permukaan konsol, melainkan pada sisi belakang bersama koneksi USB dan slot power.

USB Recording Interface

Salah satu fitur unggulan dari Mackie ProFX16v3 ini adalah fungsi USB Recording interfacenya yang hingga 192kHz. SoundCorners mencoba fitur ini untuk beberapa video review yaitu dengan cara menodong amplifier gitar dengan microphone instrument. Klaim Mackie bahwa preamp mic Onyx-nya rendah noise terbukti. Kami sama sekali tidak menggunakan noise gate di DAW untuk merekam amplifier hi-gain Peavey 6505 dan amplifier lainnya. Hasilnya, kualitas rekaman tetap jernih dan memang benar rendah noise. Karakter suara juga tetap natural tanpa ada coloring di hasil akhir. Mixer seperti inilah yang akan sangat membantu pekerjaan mixing. Fitur Blend antara Input dan USB 1-2 memungkinkan kita memilih monitoring output dari komputer atau dari mixer. Sehingga kita bisa, contohnya, merekam overdub pada track yang sudah ada. Sama seperti tipe ProFX lainnya, mixer ini juga termasuk DAW Pro Tools, WAVEFORM OEM, dan plug-ins menarik.

Built Quality Kokoh

Mackie mengklaim bahwa mixer ProFx memiliki desain yang ‘seperti tank’. Ini tercermin dari permukaan chassisnya yang memang terasa padat, dengan bagian sisinya yang terbuat dari ABS sehingga membuat konsol ini tetap terasa ringan. Sehingga, SoundCorners yakin ProFX16v3 ini bisa diterjunkan untuk bekerja di mana saja. Sayangnya, tidak terdapat lekukan yang dapat  membantu pegangan untuk memudahkan transportasi. Di kelas 16 channel, mixer ini dapat direkomendasikan untuk berbagai penggunaan. Mulai dari restoran, ruang rapat, konferensi, ruang kuliah, hingga live akustik berskala menengahdan venue-venue lainnya yang memang tidak membutuhkan channel yang banyak.

Minimum Advertised Price : Rp 9.400.000

Built Quality Kokoh

Line Input            16

Mic Input             11

Aux Send             3

SubGroups         4

Compressors     8

Effects                  GigFX

USB I/O                                2×4

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.