Peavey 6505+ 112  Si Monster Kompak Peavey 6505+ 112  Si Monster Kompak
Jika mendengar 6505, mungkin beberapa orang lebih mengenal perwujudan head cabinet-nya. Atau bagi pengguna lama, juga mungkin masih ingat ada Peavey 5150 versi combo... Peavey 6505+ 112  Si Monster Kompak

Soundcorners.com – Jika mendengar 6505, mungkin beberapa orang lebih mengenal perwujudan head cabinet-nya. Atau bagi pengguna lama, juga mungkin masih ingat ada Peavey 5150 versi combo 2×12 Inchinya. Nah kini untuk pertama kalinya, Peavey menghadirkan seri 6505 dengan kemasan combo 1×12-nya. Dari penampilan di panel depan, 6505+ 112 ini tidak ubahnya sebuah 6505+ versi head. Hanya saja ada perubahan dari tata letak knob, penambahan Reverb, dan absennya fitur “BRIGHT” yang ada di 6505+ versi head. Tapi tidak masalah, karena sebenarnya esensi dari 6505+ adalah setiap channel Rhythm dan Lead memiliki equalizernya sendiri. Berbeda dengan 6505 tanpa “+” yang equalizernya dipakai oleh semua channel. Selain itu, semuanya tetap sama. Tidak adanya penambahan fitur seperti headphone out atau MP3 IN, sepertinya menunjukkan bahwa amplifier ini memang didesain untuk pengguna professional. Sama sekali bukan amplifier latihan di rumah.

Power Optimal di Kelasnya

Dari segi Wattage, amplifier ini tetap 60 Watt sama seperti 5150 combo leluhurnya. Sehingga dari segi power, tidak ada pengorbanan meski speakernya memang hanya satu buah, bukan dua. Tentunya 60 Watt ini tidak bisa dibandingkan dengan amplifier 60 Watt transistor/solid state. Karena 60 Watt dalam dunia amplifier tabung bisa lebih keras. Benar saja, 6505+ 112 ini sangat bisa diandalkan untuk ngejam bersama drummer dan bassist tanpa bantuan tambahan speaker.

Jaminan Hi Gain

Dipakai nama-nama besar seperti Trivium, Bullet for My Valentine, dan masih banyak lagi tentu saja 6505 Series adalah image yang sangat legendaris di skena musik keras. Tidak terkecuali dengan 6505+112 ini. Channel Leadnya memiliki geraman yang mewah karena tidak hanya ber-gain besar, tapi juga memiliki clarity yang jelas. Kita harus memuji Peavey karena masih mempertahankan speaker Sheffield-nya untuk 6505+ 112 ini. Sedangkan untuk Clean-nya di channel rhythm, memang tidak mengacu pada clean glassy yang twanky, namun memiliki karakter yang lebih nge-bass khas tabung 6L6 dan cocok untuk segmentasi produknya. Gitaris yang tidak bermain di musik keras pun sebenarnya bisa tergoda saat mencoba mode Crunch di channel Rhythm ini karena menurut  SoundCorners, punya karakter yang serbaguna dan dapat dioptimalkan untuk berbagai gaya permainan yang membutuhkan variasi crunch mulai dari low gain hingga mengarah ke high-gain.

Alternatif Series 6505 Yang Kompak

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, 6505+ sebenarnya punya tambahan fitur yang justru tidak dimiliki oleh kakak-kakaknya, yaitu Reverb. Reverb nya memang tidak memiliki kontrol layaknya efek digital karena menggunakan komponen spring/per murni. Khas Reverb amplifier hi-gain tahun 90-an. Ini adalah sesuatu yang membanggakan karena Peavey mempersembahkan sound original Reverb kepada “kids jaman now”. Tidak hanya itu, Di panel belakang kita juga dapat menemukan “Integrated MSDI™ microphone-simulated XLR direct interface” agar dapat mengirimkan sinyal secara direct. Karakternya memang tidak seindah sound todong dari speaker Sheffieldnya, sih. Namun SoundCorners percaya, ini bisa jadi koneksi cadangan yang mungkin suatu waktu dibutuhkan. Tentu saja amplifier ini sangat direkomendasikan bagi gitaris professional yang membutuhkan amplifier yang kompak dan mudah diletakkan di ruang studio pribadi maupun dibawa manggung ke mana-mana.

Spesifikasi

  • 60 watts (RMS)
  • Footswitchable lead/rhythm channel select
  • Effects loop
  • Separate 3-band EQ on each channel
  • Separate Resonance and Presence controls for each channel
  • Two 6L6GC power amp tubes
  • Lead channel: pre-/post-gain controls
  • Genuine 3-spring reverb
  • Top handle
  • Five 12AX7 preamp tubes
  • External speaker outputs
  • 16, 8, or 4 ohms (switchable)
  • Rhythm channel: pre-/post-gain, footswitchable Crunch boost
  • Integrated MSDI™ microphone-simulated XLR direct interface
  • Footswitch Peavey part number 03022920 (sold separately)
  • 1×12″ Sheffield speaker

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.