PRS SILVERSKY JOHN MAYER: Gitar Modern Berpenampilan Klasik PRS SILVERSKY JOHN MAYER: Gitar Modern Berpenampilan Klasik
Beberapa saat lalu, dunia pergitaran dihebohkan dengan rilisnya gitar terbaru dari PRS, yang diberi nama PRS Silversky. Gitar yang merupakan Signature dari gitaris kelas... PRS SILVERSKY JOHN MAYER: Gitar Modern Berpenampilan Klasik

Soundcorners.com – Beberapa saat lalu, dunia pergitaran dihebohkan dengan rilisnya gitar terbaru dari PRS, yang diberi nama PRS Silversky. Gitar yang merupakan Signature dari gitaris kelas dunia bernama John Mayer ini terinspirasi dari Fender Stratocaster era pre-CBS, namun dengan beberapa perubahan dari sisi design, yang berfungsi untuk memperbaiki playability, tanpa menghilangkan design klasik S-type (Stratocaster Type)

Body PRS Silversky terbuat dari kayu Alder, sedangkan untuk bagian neck menggunakan kayu maple dan rosewood fingerboard. Bagian yang cukup membuat kontroversi di kalangan gitaris terletak pada bagian headstock, bagaimana tidak, banyak brand gitar yang memproduksi S-type gitar menggunakan 6-in-line headstock, sedangkan PRS memutuskan menggunakan 3-and-3 headstock. Banyak yang menganggap itu adalah keputusan yang buruk, namum tak sedikit juga yang memuja. Tambahan lain. di sisi “tanduk” bagian bawah dibevel dengan tujuan mempermudah memainkan nada nada tinggi.

Neck Radius 7.5” yang disematkan di PRS Silversky ini menambah kesan vintage, namun tidak seperti gitar radius 7.5” lainnya yang sulit dibending, PRS mengakalinya dengan menggunakan fret yang lebih ceper dan lebih rata sehingga sangat aman untuk vibrato & bending. Gitar ini juga sudah menggunakan nut berbahan tulang, yang di profile secara presisi. Perubahan minor namun cukup penting adalah hardware plastik seperti pickup cover dan knob yang sedikit lebih bulat, tidak “tajam” seperti brand yang lain.

Selain proses design, John Mayer juga terlibat dalam proses pembuatan pickup. Setelah bertukar pendapat dan bolak-balik mencoba prototype, terciptalah pickup bernama PRS 635JM. Setelah mencoba langsung, tim Redaksi Soundcorners sangat terkesan dengan tone yang dihasilkan pickup ini. Pada posisi neck, sound pickup 635JM ini bersuara warm & fat namun dengan bass yang tidak menggulung, sedangkan pada posisi bridge sedikit lebih bright dibandingkan pickup vintage Fender. Namun sayang, pada posisi 2&4, sound chimey khas Fender tidak terlalu terasa, entah memang disengaja atau tidak. Jika dihajar dengan distorsi hingga fuzz, sound yang dihasilkan cukup tajam, akan tetapi masih dapat diakali dengan sedikit mengurangi frekuensi high.

Jika kalian adalah salah satu fans John Mayer, PRS Silversky wajib kalian miliki. Dibalik kontroversinya, harus diakui bahwa gitar ini memiliki karakternya sendiri. Design Vintage dengan playability modern yang disajikan, memberikan angin segar di dunia pergitaran. Awalnya, hanya ada 4 varian warna, yaitu onyc black, horizon red, Tungsten dan frost white, hingga NAMM 2019, PRS meluncurkan beberapa varian warna baru. Semoga PRS tidak meluncurkan warna sunburst ya, hehe.

Spesifikasi

  • Body Wood:Alder
  • Number of Frets:22
  • Scale Length:25.5″
  • Neck Wood:Maple
  • Neck Shape:635JM
  • Neck Depth At The Nut:53/64”
  • Width of Fretboard at the Body:2 7/32”
  • Width of Fretboard at the Nut: 1 21/32”
  • Fretboard Wood: Rosewood

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.