Radial Hot-British V9, Sound Plexi Yang Plexibel! Radial Hot-British V9, Sound Plexi Yang Plexibel!
Jakarta, soundcorners.com - SoundCorners yakin banyak dari temen-temen yang nggak asing dengan Hot-British dari Radial. Pedal yang sebelumnya sudah banyak digunakan oleh gitaris di... Radial Hot-British V9, Sound Plexi Yang Plexibel!

Radial Hot-British V9, Sound Plexi Yang Plexibel!

Jakarta, soundcorners.com – SoundCorners yakin banyak dari temen-temen yang nggak asing dengan Hot-British dari Radial. Pedal yang sebelumnya sudah banyak digunakan oleh gitaris di Indonesia, kini ada versi kompaknya yang disebut “Hot-British V9”. Dari segi penampilan, antara versi full size dan V9 terdapat beberapa perubahan. Masih ada warna hitam, V9 kini memasukkan aksen abu-abu. Tapi perbedaan paling utama adalah V9 tidak menggunakan tabung.

Sound Plexi yang pleksibel

Buat temen-temen yang pernah pake ampli Plexi sebenarnya, pasti paham bahwa ampli ini gampang-gampang susah dipakainya. Tidak ada gain, besar, berat, dan… mahal! Namanya juga ampli vintage. Sehingga wajar kalau pedal-based Plexi seperti Radial Hot-British ini menjadikan segalanya lebih mudah.

Jika ampli Plexi hanya memiliki 3 knob eq dan presence, maka Hot-British  dibekali switch Top End dan Mid Boost, sama seperti pedal full sized-nya. Hanya saja, versi V9 ini tanpa switch Voicing. Switch Top End memungkinkan kita memilih karakter treblenya dengan pilihan Normal, Dark, dan Bright.

Saat mencobanya dengan amplifier combo, Top End ini memang mampu mengubah karakter gitar kita sesuai namanya. Bright untuk lebih cempreng, dan Dark untuk mengurangi kecemprengan tersebut. Sedangkan mid boost beroperasi di frekuensi middle kita. Tambahan 7 atau 12 dB dapat digunakan untuk lebih mengeluarkan sound gitar yang memang lebih dominan di middle frequency. Jadi dapat dibayangkan, betapa banyaknya pilihan kita untuk mendapatkan sound yang kita mau.

Kontrol E

Secara umum, karakter Hot-British memang berada di zona ‘Plexi’, yaitu peralihan antara overdrive hingga distortion. Jadi, karakter sound drive di pedal ini dapat kita dengarkan mulai dari yang overdrive ringan hingga distortion yang hampir ke arah hi gain hanya dengan mengatur knob drive-nya saja. Menurut SoundCorners, karakter Plexi dapat didengarkan saat drive berada di jam 12 hingga jam 1 dengan posisi switch Top End bisa diatur sesuai selera.

Nah, knob EQ pada pedal ini cukup sensitif dalam mengubah karakter frekuensi gitar karena memang menurut Radial, sirkuit EQ-nya diletakkan setelah distorsi. Sehingga kita memang harus agak berhati-hati saat memutar knob Low dan High-nya. Sebagai alternatif, ada knob Contour yang fungsinya mirip Tone dan knob ini jauh lebih halus perubahan suaranya. SoundCorners lebih suka membiarkan Low dan High di posisi jam 12 dan memainkan Contour antara jam 10 atau jam 2.

Kesimpulan

Tidak semua orang mau (atau mampu?) membeli amplifier Plexi yang akan selalu menjadi standar sound British. Sehingga pedal berbasis Plexi akan selalu tersedia, termasuk Radial Hot-British. Masalahnya, apakah sebuah pedal mampu bersuara Plexi atau tidak itu masih tergantung oleh komponen lainnya seperti amplifier yang digunakan, speaker, karakteristik ruangan, hingga tentu saja gitar itu sendiri. Sehingga, memiliki banyak pilihan untuk tone shaping akan berguna bagi kita.

Itulah yang dilakukan oleh Radial dengan Hot-British. Selain direkomendasikan untuk gitaris penggila sound Plexi, Hot-British V9 juga akan disukai oleh gitaris yang tidak memiliki ruang pedalboard yang cukup untuk versi Hot-British yang pakai tabung. Apalagi, pedal ini juga bisa menggunakan adaptor 9 Volt biasa.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.