Radial Texas Pro Radial Texas Pro
Radial Texas Pro adalah pedal overdrive yang sebenarnya terlihat simple, tapi memiliki tambahan fitur menarik sebagai sebuah pedal overdrive. dilengkapi booster terpisah, dari karakter... Radial Texas Pro

Pedal Overdrive Ada Send Returnnya!?

Soundcorners.com, Jakarta – Radial Texas Pro adalah pedal overdrive yang sebenarnya terlihat simple, tapi memiliki tambahan fitur menarik sebagai sebuah pedal overdrive. dilengkapi booster terpisah, dari karakter overdrive yang lembut hingga bertenaga, semua bisa dilakukan oleh radial texas pro.

Switch RANGE

Jika diliat sepintas, Radial Texas Pro tak ubahnya sebuah pedal overdrive. Knob Level, Tone, dan Drive sudah pasti menu wajib bagi pedal-pedal sejenis. Tapi, ada switch kecil yang langsung menarik perhatian mata yaitu bernama Range tepat diantara deretan knob dan footswitch. Range ini terdiri dari Vintage, Modern, dan Maximum.

Soundcorners mencoba perbedaan antara ketiganya dan menemukan adanya perubahan frekuensi low yang lebih menonjol tapi tidak terlalu boomy alias mendem saat switch dipindah semakin ke kanan. Perbedaan secara signifikan lebih terasa saat kita memindah dari Vintage ke Modern, sedangkan dari Modern ke Maximum tidak terlalu signifikan.

Knob yang sensitif dan Effect Loop

Jika switch Range belum cukup detail menurut selera kita, sebenarnya senjata utama tone shaping pada pedal buatan Kanada ini terletak pada tiga knob Level, Tone, dan Drive-nya yang menurut SoundCorners sensitif. Memang tidak memiliki knob equalizer, sih. Tapi SoundCorners harus mengapreasiasi betapa cleannya Level dan Drive yang mampu dibuka full dengan noise yang sangat minim. Hanya saja, Drive nya memang tidak akan terlalu menjadi distorsi yang heavy. Namanya juga pedal overdrive.

Nah, yang unik adalah adanya Effects Loop. Ini bisa dimanfaatkan jika kita ingin mengembangkan sistem routing kita dengan Texas Pro sebagai sound utamanya dengan menaruh pedal lain melalui effects loop yang sudah tersedia di sisi pedal.

Contoh penggunaan pedal Delay di effects loop pada Radial Texas pro

SoundCorners merasa penambahan effects loop ini adalah opsi cerdik. Seringkali kita direpotkan oleh letak effects loop amplifier yang biasanya ada di panel belakang. Dengan adanya effects loop di pedal ini, kita bisa merouting semuanya di pedalboard. Hanya saja, memang dengan skema ini hanya bisa diterapkan saat kita hanya menggunakan Texas Pro sebagai drive utama, bukan menggunakan preampnya ampli karena biasanya pedal tertentu seperti delay dan reverb lebih disukai saat posisi berada setelah drive. Kecuali jika pedal yang digunakan adalah selain delay atau reverb seperti equalizer, chorus, dan sebagainya.

Nah, effects loop ini bekerja atau masuk ke dalam rangkaian sinyal kita hanya saat switch Boost diinjak. Sehingga, ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan tuner analog dan membuat kita bisa melakukan silent tuning hanya dengan menginjak pedal booster. Aplikasi lainnya adalah saat menggunakan dua buah gitar, misalnya gitar akustik dan elektrik secara bergantian.

Texas Pro dengan tuner analog

Texas Pro dengan dua gitar secara bergantian

Untuk switch boosternya, sangat berguna karena selain low noise, penambahan boostnya pun terasa clean dan tidak merubah karakter suara. Ideal untuk dijadikan pedal booster sendiri maupun untuk menendang gain dari pedal Texas Pro ini.

Kesimpulan

                Radial sekali lagi menambahkan pilihan bagi gitaris yang masih galau mencari pedal overdrive yang serbabisa selama tidak merambah sound hi-gain. Meskipun memiliki nama Texas, sebenarnya karakter dari pedal ini tidak hanya untuk Blues dan sejenisnya yang biasa disematkan untuk produk-produk dengan embel-embel Texas. Switch yang mampu menjangkau karakter modern dan Drive yang mampu memberikan saturasi drive yang kental juga mampu menjangkau sound rock yang tidak harus vintage atau klasik. Jadi, SoundCorners rasa pedal ini cukup direkomendasikan untuk gitaris Blues, Pop, hingga Rock

Spesifikasi :

Circuit Type                : Class-A discrete

Frequency Response: Adjustable via tone and range controls

Gain – Boost              : Variable from 0dB to +22dB

Gain – Overdrive       : Variable from +2dB to +30dB

Footswitch – Drive     : Latching switch engages overdrive

Footswitch – Boost    : Latching switch engages boost and effects loop

Effects Loop                :  Send & return jacks for additional pedals before boost stage

Power                           : 9VDC, adaptor tidak termasuk

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.