Rekam Vokal Tanpa Sound Card dengan Microphone Audio-Technica AT2005USB Rekam Vokal Tanpa Sound Card dengan Microphone Audio-Technica AT2005USB
Dengan semakin banyaknya produksi media yang dilakukan di rumah atau di mana saja selain di studio professional, maka kini semakin banyak pilihan bagi kita... Rekam Vokal Tanpa Sound Card dengan Microphone Audio-Technica AT2005USB

Soundcorners.com – Dengan semakin banyaknya produksi media yang dilakukan di rumah atau di mana saja selain di studio professional, maka kini semakin banyak pilihan bagi kita dalam hal perangkat pendukungnya mulai dari mixer dan soundcard yang berukuran kecil, amplifier kompak, iRig, dan sebagainya. Nah, kali ini kita akan mereview microphone yang memiliki koneksi USB yaitu audio-technica AT2005USB.

Mengapa microphone perlu yang ada USB? Mengapa kita tidak menggunakan microphone biasa lalu mencoloknya ke mixer atau soundcard mini yang sudah banyak tersedia di pasaran? Karena, ternyata content creator di jaman now terdiri dari banyak kalangan. Mulai dari perusahaan media yang membutuhkan sarana dan prasarana lengkap seperti di studio, hingga produksi perorangan seperti gamer dan vlogger yang lebih membutuhkan perangkat sesederhana mungkin. Belum lagi, memasang kabel-kabel interkoneksi mulai dari microphone, kabel XLR, hingga kabel speaker monitor bisa jadi tantangan bagi orang-orang yang tidak punya pengalaman sama sekali dalam dunia recording professional. Audio-technica AT2005USB yang kita coba ini bersifat fleksibel. Selain bisa terintegrasi dengan DAW professional seperti Cubase, kita juga bisa menggunakannya untuk live streaming. Review ini akan menyajikan beberapa alternatif skenario.

Skenario 1. Menggunakan Windows Voice Recorder

Mungkin beberapa dari kita ada yang berprofesi sebagai dosen atau peneliti yang sering menginterview narasumber penelitian di lapangan dan panik saat mendengar rekaman wawancara malah tidak bisa didengar karena terlalu kecil atau penuh suara bising. Nah, audio-technica AT2005USB ini bisa ikut diterjunkan ke lapangan karena hanya membutuhkan laptop dan audio recorder bawaan Windows tanpa kita harus menginstall DAW. Caranya, cukup hubungkan AT2005USB ke USB Slot laptop/PC kita, lalu atur pastikan microphone ini menjadi sumber input. Kita juga bisa memilih AT2005USB sebagai output karena juga sudah dibekali headphone out.


AT2005USB sebagai input

Selanjutnya, Anda tinggal memilih menu voice recorder pada Windows dan mulai merekam suara. Bagusnya lagi, microphone USB ini tidak membutuhkan driver sehingga akan langsung terdeteksi. Pastikan juga switch pada microphone-nya sudah ON.

Skenario 2. Live Stream

Pernahkan kamu menonton live stream seseorang yang tidak jelas pengucapannya, volume terlalu kecil, atau penuh noise? Itu karena memang sampai saat ini belum ada gadget yang microphone internalnya dikhususkan untuk produksi media. Catat ini baik-baik. Microphone pada ponsel dan tablet hanya ideal untuk telepon. Audio-technica AT2005USB mampu membuat live stream kamu menjadi lebih professional dengan didukung suara yang jernih. Ini sangat berguna jika konsep vlog atau live stream kita sangat mengandalkan karakter suara manusia seperti talkshow, interview, e-learning, tutorial, hingga cover lagu. Masih dari skenario 1, pilih dan klik “Advanced sound options” di bawah gambar microphone lalu pastikan browser kamu menggunakan input dari AT2005USB ini.


Pilih AT2005USB sebagai input pada browser

Selanjutnya, saat kita memilih Live Stream pada YouTube, AT2005USB akan dapat kita pilih.


Memilih AT2005USB di live stream

Saat AT2005USB dicoba di kantor Soundcorners, microphone ini cukup mampu bekerja layaknya microphone cardioid lainnya. Yaitu, sensitif terhadap masukan suara dari depan dan tidak menangkap suara-suara di belakang microphone. Sehingga, ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang selama ini rekaman di rumah atau kamar yang suasananya dirasa cukup berisik.

Skenario 3. Menggunakan DAW

Dalam situasi tertentu, kita bisa menggunakan AT2005USB untuk recording dengan DAW tanpa perlu adanya Soundcard. Tidak bisa dipungkiri, masih banyak kalangan tertentu yang produksinya hanya berfokus pada suara vokal tanpa instrument apapun. Untuk hal ini, AT2005USB bisa menyederhanakan setup produksi kita. Untuk melakukannya, kami menggunakan DAW populer yaitu Cubase. Karena tidak menggunakan soundcard, kita pilih laptop sebagai device kita yaitu “Generic Low Latency ASIO Driver”. Selanjutnya, klik “Control Panel” dan centang AT2005USB di Input Ports. Untuk Output Ports, kita juga bisa memilih AT2005USB jika ingin menggunakan headphone yang dihubungkan ke microphone ini.


AT2005USB di Cubase

Pada saat review, kami merasa AT2005USB cenderung lebih sensitif saat menggunakan DAW. Untuk mencegah itu terjadi, kita bisa mengatur gain pada microphone melalui settingan di Windows. Caranya, kita bisa mengaturnya melalui “Advanced Sound Options” seperti pada Skenario 2.

Kesimpulan

Audio-Technica AT2005USB membuktikan bahwa untuk merekam suara menggunakan microphone, kita tidak harus menggunakan soundcard. Ini cocok untuk penyanyi, Podcaster, Vlovgger, gamer, yang memang skala kebutuhannya hanya perekaman suara saja. Selain bisa memangkas pengeluaran yang tidak perlu, AT2005USB juga sudah dibekali dengan stand desktop yang cocok diletakkan di atas meja.

ELEMENT Dynamic
POLAR PATTERN Cardioid
FREQUENCY RESPONSE 50-15,000 Hz
POWER REQUIREMENTS USB Power (5V DC)
BIT DEPTH 16 bit
SAMPLE RATE 44.1 kHz/48 kHz
CONTROLS On/off Switch;
Headphone Volume Control
WEIGHT 266 g (9.4 oz)
DIMENSIONS 183.6 mm (7.23″) long,
51.0 mm (2.01″) maximum body diameter
OUTPUT CONNECTOR USB-type/XLR-type
HEADPHONE OUTPUT POWER 10 mW at 16 ohms
HEADPHONE JACK 3.5 mm TRS (stereo)
SYSTEM REQUIREMENTS Macintosh: MAC OS X; USB 1.0 or 2.0; 64 MB RAM (minimum)

Windows: XP/Vista/Windows 7/Windows 10; USB 1.0 or 2.0; 64 MB RAM (minimum)

ACCESSORIES FURNISHED Stand clamp for 5/8″-27 threaded stands; tripod desk stand; 6.6′ (2 m) mini USB cable, 9.8′ (3 m) XLRF-type to XLRM-type cable
AUDIO-TECHNICA CASE STYLE T7

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.