Samson Q8x Microphone Dynamic Multi Fungsi Samson Q8x Microphone Dynamic Multi Fungsi
Sebagai salah satu brand ternama dibidang audio profesional, Samson selalu menyuguhkan berbagai komponen yang berkualitas dengan harga terjangkau, salah satunya adalah mikrofon seri Q8x... Samson Q8x Microphone Dynamic Multi Fungsi

Soundcorners.com – Sebagai salah satu brand ternama dibidang audio profesional, Samson selalu menyuguhkan berbagai komponen yang berkualitas dengan harga terjangkau, salah satunya adalah mikrofon seri Q8x dengan sasaran para musisi yang menginginkan jenis mikrofon vokal model Dynamic untuk kebutuhan panggung maupun studio.

Mikrofon genggam Q8x memiliki konstruksi yang terasa sangat solid, ini dapat terlihat dari tampilannya serta ditunjang bodi yang bobotnya lumayan mantap, ditambah dengan sangkar pengaman model jaring yang ringan namun kokoh. Dan di bagian pangkalnya disediakan koneksi standar XLR yang digunakan pada jenis mikrofon pada umumnya.

Dengan bodi die-cast yang dirancang baru, serta shockmount kapsul pneumatik yang ditingkatkan, tentunya ini akan meminimalkan tingkat kebisingan, sehingga Q8x memberikan kinerja yang dapat diandalkan bahkan di lingkungan yang paling ekstrim sekalipun

Q8x tidak memiliki saklar on-off, tentunya ini cukup baik untuk menghindari dari resiko kesalahan, dimana switch tersebut bisa saja tergeser mati pada saat pengoperasian, sehingga dapat mengganggu jika digunakan pada acara di panggung.

Fitur lain yang tidak kalah penting dari Q8x adalah mikrofon ini mengadopsi pola pickup supercardioid (bukan cardioid atau omnidirectional), yang secara teknis pola tersebut cukup ketat, dan dapat meminimalisir terjadinya feedback. Bahkan dengan diterapkannya elemen mic dinamis neodymium pada komponen utamanya, diharapkan tingkat sensitivitas mampu mencapai – 54 dB, yang tentunya kinerja preamp menjadi lebih ringan serta dapat mempengaruhi respons frekuensi yang cenderung suara lebih tebal.

Dengan dukungan spefikasi yang superior, Q8x bukan hanya akan menjadi mikrofon vokal yang mumpuni, dan sangat serbaguna untuk digunakan di studio, dalam berbagai aplikasi perekaman. Bahkan Q8x diklaim mampu menahan tingkat tekanan suara tinggi hingga 150 dB SPL, ini memungkinkan vokal terdengar besar dan jernih, tetapi juga dapat menangani berbagai alat instrumen pada saat miking, misalnya dekat dengan snar drum, guitar cabinet, dan banyak lagi.

Kesimpulan kami, Q8x menawarkan jangkauan frekuensi dinamis yang solid dan lebar berkat elemen mic dinamis neodymium. Apalagi dilengkapi pola pickup supercardioid dengan off-axis rejection yang sangat baik, yang berarti suara vokal Anda tetap tidak goyah, dan Anda juga akan menikmati respons frekuensi yang mulus untuk reproduksi audio dengan roll-off frekuensi rendah yang seimbang.

Ada dua metode pengujian Q8x di studio Soundcorners, yang pertama kami mencoba merekam hasil suara vokal dengan menggunakan soundcard Behringer Xenyx Q502 tanpa polesan kompresor maupun efek dalam format WAV tanpa kompresi 48kHz-16bit. Hasil rekaman yang  kami dapati, ternyata terbukti bahwa mikrofon Samson Q8x menghasilkan suara mid yang dominan, dimana karakter midbas dari vokal terasa tebal, sehingga suara cowok yang kami rekam mampu direproduksi dengan sangat elegan, tanpa terjadi noise walau mikrofon tidak menggunakan pop-filter.

Pada pengujian kedua, kami manfaatkan mixer Samson SM4 yang dipadu dengan satu set perangkat speaker monitor Samson MediaOne M50 didukung pula subwoofer Samson Resolv 120a. Hasilnya ternyata lebih detil lagi, karena tereproduksi secara langsung, dimana karakter Q8x mampu memberi nuansa vokal yang tersalur secara murni, walau tidak  kami gunakan kompresor maupun efek.

Spesifikasi :

  • Element:  Dynamic
  • Magnet structure: Neodymium
  • Frequency Response: 50 Hz – 16 kHz
  • Polar Pattern: Supercardioid (unidirectional)
  • Impedance:  300 ohms balanced (low-Z)
  • Sensitivity: -54 dBV/pa (2.5 mV/pa)
  • Max SPL: 150 dB SPL
  • Microphone Connector: 3-pin, XLR-type
  • Dimensions: 7.09” x 2.125” (180mm x 54mm)
  • Weight: 0.97lb (0.44kg)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.