Samson Resolv 120a : Subwoofer Aktif Yang “Cerdas” dan Bertenaga Samson Resolv 120a : Subwoofer Aktif Yang “Cerdas” dan Bertenaga
Hampir semua sistem audio profesional membutuhkan mesin reproduktor yang mampu menghasilkan nada rendah untuk dapat menjangkau frekuensi audible secara lebih sempurnya, sehingga diperlukan perangkat... Samson Resolv 120a : Subwoofer Aktif Yang “Cerdas” dan Bertenaga

Soundcorners.com, Jakarta – Hampir semua sistem audio profesional membutuhkan mesin reproduktor yang mampu menghasilkan nada rendah untuk dapat menjangkau frekuensi audible secara lebih sempurnya, sehingga diperlukan perangkat audio dengan spesifikasi khusus, dan di sinilah peran subwoofer sebagai komponen tambahan memiliki peran penting untuk mendapatkan reproduksi suara ideal.

Kehadiran Samson Resolv 120a, dapat menjadi solusi kebutuhan sound system yang ingin kita  rancang, yang tentunya tidak akan diperoleh hanya mengandalkan sistem stereo dengan modal satelit saja. Untuk itu, mari ulas perangkat yang satu ini, apa yang spesial dari fitur-fitur andalannya.

Dirancang sebagai modul subwoofer aktif, Samson Resolv 120a memang terlihat penampilannya biasa saja, seperti kebanyakan jenis subwoofer rumahan pada umumnya. Tapi banyak fitur tersembunyi yang dapat memberi keleluasaan bagi para penggunanya. Dari tampilannya, Resolv 120a dikemas dengan konstruksi kotak dari bahan MDF yang rigid serta menggunakan transducer sub 10 inci yang memiliki spesifikasi jangkah frekuensi rendah cukup longgar, dimana komponen ini terlindungi oleh grill kain yang kuat.

Pada bagian belakangnya, terdapat panel heatsink sebagai pendingin amplifier dengan pengaturan gain Volume dan Sweep Hz serta pengatur fasa dan switch auto sleep, di sisi lain ada dua set terminal speaker serta jalur I/O model RCA. Di bagian bawahnya terdapat dua port udara sebagai bagian dari tunning frekuensi rendah lebih linier.

Pada Samson Resolv 120a terdapat fitur “Sweep Hz” yang fungsinya mampu menetapkan batas atas frekuensi melalui respons subwoofer dengan mengumpan kepada speaker utama (monitor) sehingga akan menyaring frekuensi high-pass dan mengatur subwoofer agar dapat menutupi frekuensi yang tidak dapat direproduksi oleh pasangan stereo utama secara akurat.

Dengan tenaga sebesar 120 Watt, Samson Resolv 120a bekerja dengan transducer 10 inci mampu mereproduksi jangkauan frekuensi rendah antara 40-180 Hz yang didukung crossover aktif bawaan. Adanya fasilitas mode sleep otomatis, dan jack mute switch yang nyaman memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menghidupkan dan mematikan subwoofer dengan cepat.

Resolv 120a memiliki konektor input dan output model RCA pada panel belakang. Serta terminal speaker, baik untuk jenis speaker satelit pasif maupun dari keluaran speaker dengan amplifier eksternal. Sedangkan untuk fitur tambahan disediakan fasilitas pengatur fasa mode switch yang dapat mengoptimalkan kualitas suara sub sesuai keinginan.

Dengan fitur yang disediakan, Resolv 120a memberikan berbagai konfigurasi dalam setting sistem speaker yang Anda inginkan. Seperti pada umumnya, subwoofer dapat diset dalam mode mono, karena frekuensi rendah yang dihasilkan cenderung tidak searah, sehingga dapat mendampingi sepasang speaker satelit dengan konfigurasi paling standar. Selain itu, juga dapat digunakan dengan menggunakan dua unit sub, yang masing-masing mendampingi speaker satelit secara terpisah.

Dalam hal penempatan, Samson Resolv 120a yang dirancang non-directional, maka Anda dapat memposisikan unit dimana saja. Namun demikian, alangkah baiknya jika menggunakan subwoofer ini di posisi sudut idealnya, yaitu berada di tengah apitan speaker satelit dan dekat dengan dinding.

Spesifikasi :

– 120-watt low frequency amplifier
– Heavy-duty 10″ transducer
– Active crossover adjustable from 40 to 180 Hz with “Sweep Hz” knob
– High-pass output to send your main stereo speakers
– Phase switch
– Auto sleep mode
– Mute switch jack
– Binding post I/O for using with passive studio monitor speakers
– RCA I/O for using with active studio monitor speakers
– Subwoofer volume knob

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 18 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.