Blackstar HT-1R MkII , Si Imut Dengan Reverb Baru Blackstar HT-1R MkII , Si Imut Dengan Reverb Baru
Blackstar HT-1mungkin sudah tidak asing lagi karena sebenarnya sudah lama beredar dan diterima oleh masyarakat. Kini, HT1 memiliki generasi terbaru dengan kode “MkII”. Apa... Blackstar HT-1R MkII , Si Imut Dengan Reverb Baru

Soundcorners – Blackstar HT-1mungkin sudah tidak asing lagi karena sebenarnya sudah lama beredar dan diterima oleh masyarakat. Kini, HT1 memiliki generasi terbaru dengan kode “MkII”. Apa saja yang baru? Berdasarkan website Blackstar, kini HT1R MkII channelnya dapat dipindah dengan footswitch, memiliki USB out untuk recording direct, dan adanya Reverb. Tapi setelah amplifier imut ini diterima oleh SoundCorners, kami juga menyadari bahwa knob-nya pun sudah berganti menjadi model ‘chicken head’.

Memiliki dua channel yaitu Clean dan Overdrive, tentunya merupakan sebuah fitur yang cukup lengkap di kelas amplifier tabung mini. SoundCorners terkesan dengan kejernihan sound Clean-nya meskipun amplifier ini hanya dibekali speaker berukuran 8 Inchi. Namun mungkin kita harus maklum jika amplifier ini tidak bisa mengeluarkan suara distorsi yang tebal seperti kakak-kakaknya yang memiliki speaker dan Watt lebih besar.

Pilihan Voice dan ISF

Seperti biasa, fitur ISF seakan menjadi menu wajib bagi pecinta amplifier Blackstar. Tentu saja, HT-1R MkII ini juga memiliki ISF yang berfungsi memberikan karakter American, British, atau paduan keduanya dengan proporsional sebebasnya. Menariknya, terdapat juga tombol Voice yang menurut Blackstar, juga dapat berfungsi membedakan karakter antara American dan British. Namun, perbedaan dua kiblat sound ini hanya berlaku saat channel berada di posisi Clean. Sedangkan pada Channel Overdrive, Blackstar mengklaim bahwa tombol Voice berubah fungsi menjadi pilihan antara Crunch atau Hi-Gain. Namun sekali lagi, meskipun buku manualnya menyatakan demikian, menurut SoundCorners Hi-Gainnya mungkin belum dapat dibandingkan dengan Hi Gain dari amplifier-amplifier Blackstar berukuran besar. Meskipun demikian, SoundCorners cukup puas dengan soundnya yang sangat berkarakter dan sangat serbaguna di kelas 1 Watt. Tidak hanya itu, footswitch dapat digunakan untuk memindah channel dan memindah Voice. Artinya, seakan-akan kita diberi pilihan empat channel. Ini adalah sesuatu yang luar biasa karena harap diingat, di kelas ini saja sangat sulit menemukan amplifier dengan dua buah channel. Apalagi, Blackstar sudah memberikan bonus Reverb dan pilihan Voice. Khusus untuk Reverb, kami rasa ini salah satu Reverb terbaik di kelasnya.

Cocok Menjadi Teman Berlatih

Blackstar HT-1 generasi pertama sudah terbukti kehandalannya sebagai amplifier latihan. Kini dengan hadirnya HT-1R mkII yang memiliki USB Out, tentu kita semakin diberi pilihan untuk menggunakannya sebagai amplifier. Dari segi sound, mungkin segmentasi amplifier ini cocok bagi style blues, pop, hingga classic rock. Dengan Reverbnya yang mewah, kita bisa saja tergoda untuk membawanya ke panggung dan melakukan sistem todong seperti yang SoundCorners lakukan saat mereview-nya. Terlebih, HT-1RmkII juga memiliki koneksi untuk speaker cabinet tambahan!

Spesifikasi

  • 1 Watt combo
  • Tabung preamp ECC83, tabung power amp ECC82
  • 2 channel
  • USB audio out
  • Studio quality reverb
  • 4-16Ω Extension speaker jack socket
  • 1×8″ speaker

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 17 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.