Flava Effect Ekspresikan Kehidupan Kelas Pekerja Kota Surabaya Lewat Hip Hop Flava Effect Ekspresikan Kehidupan Kelas Pekerja Kota Surabaya Lewat Hip Hop
Surabaya, soundcorners.com - Setelah merilis singel pembuka berjudul “Batu” di bulan Agustus lalu, Flava Effect kembali dengan menghadirkan album penuh perdana bertajuk Maniac. Album... Flava Effect Ekspresikan Kehidupan Kelas Pekerja Kota Surabaya Lewat Hip Hop

Surabaya, soundcorners.com – Setelah merilis singel pembuka berjudul “Batu” di bulan Agustus lalu, Flava Effect kembali dengan menghadirkan album penuh perdana bertajuk Maniac. Album tersebut, yang juga merupakan hasil lanjutan kerja sama antara demajors dengan Pasukan Records, dirilis dalam format compact disc (cd) dan digital pada tanggal 29 Oktober 2021.

Maniac berisikan 10 trek agresif yang mengekspresikan kerasnya kehidupan kelas pekerja kota besar dalam tradisi hip hop yang kental. Menggaungkan kembali gaya boom bap yang begitu populer di era keemasan hip hop, akhir ’80-an hingga awal ’90-an.

“Itu sebuah album tentang hip hop menurut idealisme Flava Effect. Hip hop sebagai kehidupan yang dijalani dan rap sebagai langkahnya,” jelas Shan Fateh tentang Maniac.

“Maniac diartikan secara harafiah sebagai seorang maniak, seorang gila, dan secara metafora sebagai maniak musik hip hop. Like a maniac, we’re hip hop maniac,” tambah Iron G menjelaskan gagasan di balik judul album.

Dalam proses penggarapan materi album, Flava Effect dibantu oleh beberapa pesohor hip hop seperti Sonjah, Soundstarz, Lazy Beat, Uncle T, Brampi, dan Anofa. Dikerjakan di kota Surabaya dan membutuhkan waktu cukup lama untuk selesai, dengan proses penyesuaian penyatuan nyawa dan karakter tiap pribadi yang terlibat, utamanya keempat rapper, yang masing-masing memiliki karakter kuat dan keras.

Flava Effect juga memperkenalkan singel pertama untuk album yang berjudul “Pagi”. Bercerita tentang awal dari rutinitas, dengan segala problematika yang menanti, hingga pagi kembali menjelang. Dalam waktu dekat singel “Pagi” juga akan tampil dalam bentuk video musik yang digarap oleh seorang sineas asal kota Surabaya.

Flava Effect adalah sebuah kelompok hip hop asal Surabaya yang beranggotakan Shan Fateh, Eja, Kya Butto, dan Iron-G. Mereka terbentuk dari pergerakan para ‘rakat’ (perantau asal Indonesia Timur) di kancah hip hop Surabaya. Berawal dari sebuah kelompok bernama Family in Journey yang kemudian terpecah menjadi beberapa grup, di antaranya adalah MukaRakat dan Flava Effect. Dibentuk pada tahun 2016, Flava Effect tumbuh dengan pengaruh kuat warna musik dan rima dari aksi-aksi seperti Blabbermouf, Black Sheep, dan Lords of the Underground.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.