Jazz Gunung Indonesia 2020 Siap Dilaksanakan Live dan Virtual Jazz Gunung Indonesia 2020 Siap Dilaksanakan Live dan Virtual
Post Views: 248 Jazz Gunung Indonesia 2020 Siap Dilaksanakan Live dan Virtual

Banyuwangi, soundcorners.com – Setelah mendapat dukungan dari Kemenparekraf untuk melaksanakan konser musik luar ruang, Rangkaian Jazz Gunung Indonesia 2020 siap digelar besok (12/12). Rangkaian konser tersebut akan diawali dengan melaksanakan Jazz Gunung Ijen 2020 di amfiteater Gandrung Terakota – Jiwa Jawa Resort, Banyuwangi, Jawa Timur mulai pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan konser virtual Jazz Gunung Bromo 2020 di kanal YouTube Jazz Gunung.

Untuk penampil pada konser Jazz Gunung Bromo virtual ini akan dimeriahkan oleh Ring of Fire feat. Tashoora, Tohpati dan Ricad Hutapea. Lalu untuk Jazz Gunung Ijen yang diselenggarakan di Banyuwangi akan menampilkan Bintang Indrianto feat. Sruti Respati dan Sri Hanuraga Trio feat. Dira Sugandi.

Menurut penggagas Jazz Gunung Indonesia, Sigit Pramono dalam jumpa pers virtual, Kamis (11/12) mengatakan event ini akan menjadi percontohan penyelenggaraan musik yang sehat. “Dengan tetap melakukan Jazz Gunung, kita menyelamatkan nyawa dengan protokol yang ketat dan menyelamatkan ekonomi karena mampu menghidupkan kembali pariwisata dan pertunjukan seni budaya yang bertanggung jawab dalam pandemi,” katanya.

Perhelatan ini didukung sepenuhnya oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam kesempatan yang sama, asisten bupati Banyuwangi, Wahyudi menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap perhelatan ini. “Saat ini sudah banyak acara dilakukan secara virtual setiap minggu. Harusnya ada 123 event terselenggara kalau tidak pandemi. Adanya Jazz Gunung Ijen 2020 ini membuat kami hidup kembali. Bersyukur ada sosok pak Sigit yang berjuang untuk hal ini dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Antusias penyelenggaraan ini juga ditunjukkan oleh salah satu penampil, Bintang Indrianto. Ia secara khusus menciptakan lagu bertajuk The Beautiful of Ijen yang liriknya diisi oleh Sruti Respati. “Saya dan teman-teman senang sekali ada momen bersejarah di dunia pertunjukkan musik, pada (12/12),” ujarnya.

Untuk penonton yang ingin hadir bisa mendaftar di info@jazzgunung.com dengan sistem waiting list. “Mau orang biasa atau orang luar biasa boleh nonton Jazz Gunung Ijen yang tidak biasa. Kita akan gelar konser gratis, test swab antigen gratis, dan dapat masker berstandar SNI gratis. Ini akan menjadi contoh penyelenggaraan konser di tengah pandemi, ini tidak mudah. Kita coba menyiasati agar bisa dilakukan termasuk dengan pembatasan penonton. Tapi justru dengan virtual, pentontonnya jadi lebih banyak,” ungkap Sigit.

Sebagai informasi, dr Sugeng Ibrahim, M Bio Med dari Gerakan Pakai Masker (GPM) yang menjadi konsultan kesehatan dalam event ini mengatakan, “saat ini angka Test PCR Swab Indonesia belum mencapai 7 juta test. Idealnya 9 juta ( 1/1000 jumlah penduduk / minggu sejak Maret 2020). Untuk menutup gap tersebut dilakukan dengan Swab Antigen untuk menuju test volume yang ideal,” jelasnya.

Saat ini seluruh pengisi acara, panitia, dan tim produksi sudah melakukan test swab antigen di lokasi acara yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi yang didukung oleh Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen.

Seluruh rangkaian kegiatan Jazz Gunung Indonesia Hybrid Concert didukung oleh BCA, Kemenparekraf, Eiger Adventure, GenBody Inc, Gerakan Pakai Masker, dan Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen.
*
TENTANG JAZZ GUNUNG
Jazz Gunung Indonesia merupakan sebuah konsep perhelatan konser jazz bernuansa etnik yang diselenggarakan di amfiteater terbuka, tempat destinasi wisata, kawasan pegunungan yang sejuk. Tujuannya agar musik dan musisi jazz dapat tampil sekaligus mempromosikan tempat wisata yang indah.
Jazz Gunung Indonesia mulai digelar pada tahun 2008 dengan tajuk Jazz Gunung Bromo. Kemudian 3 tahun yang lalu di kawasan Ijen, Banyuwangi juga digelar dengan tajuk Jazz Gunung Ijen. Saat ini Jazz Gunung telah menjadi rangkaian atau series dengan bertambahnya Jazz Gunung Burangrang dan Jazz Gunung Toba. Nantinya rangkaian Jazz Gunung Indonesia ini juga akan bertambah dengan Jazz Gunung Slamet di Purwokerto dan Jazz Gunung Ungaran di Semarang.
Sehubungan dengan adanya Pandemi, rangkaian Jazz Gunung Indonesia mengobati kerinduan penggemar jazz dengan menggelar konser virtual Jazz Gunung Indonesia Series Bromo-Ijen-Burangrang-Toba pada tanggal, 25 September 2020, 25 Oktober 2020, dan 4 Desember 2020.

NARAHUBUNG
Email: media@jazzgunung.com
Instagram: @jazzgunung
Youtube: https://www.youtube.com/user/JazzGunung
Twitter: @jazzgunung
Facebook: Jazz Gunung
Whatsapp: 081316469941 (Ncek)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.