Review Korg XE-20: Digital Piano Rumahan Dengan Fitur Arranger Review Korg XE-20: Digital Piano Rumahan Dengan Fitur Arranger
Merk Korg memang selalu diidentikan dengan produk keyboard music workstation dan synthesizer kelas profesional. Namun demikian, brand ini juga serius menggarap ranah keyboard rumahan.... Review Korg XE-20: Digital Piano Rumahan Dengan Fitur Arranger

Soundcorners.com, Jakarta – Merk Korg memang selalu diidentikan dengan produk keyboard music workstation dan synthesizer kelas profesional. Namun demikian, brand ini juga serius menggarap ranah keyboard rumahan. Sebut saja model PA-series yang penggunanya sudah tersebar diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Selain PA series, Korg juga kembali merilis produk yang isinya gabungan antara digital piano rumahan dan keyboard arranger. Hasilnya adalah Korg XE-20. Korg bukan sekali ini memilik produk digital piano dengan fitur arranger. Pada tahun ’90an, mereka  membuat i1, lalu disusul diawal 2000an mereka juga membuat SP-500. Terakhir, ditahun 2015, mereka mengeluarkan Havian-30.

Korg XE-20 hadir dalam casing yang slim dan cukup ringan untuk diangkat. Dengan berat sekitar 11kg, digital piano ini yang memiliki 88 tuts natural weighted hammer action – cukup mudah bila anda ingin memindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya, atau membawa ke tempat lain. XE-20 dibekali dengan 705 suara stereo PCM – termasuk didalamnya terdapat suara german dan italian grand piano, dan 184 polyphonic yang disalurkan ke output speaker internalnya yang berkekuatan 18 watts x 2. Korg XE-20 juga memiliki kemampuan scales temperament, yang mungkin dapat anda manfaatkan untuk eksplorasi world music, seperti contohnya arabic scale.

Untuk bagian arranger, Korg XE-20 dibekali dengan 280 auto accompaniment styles, yang masing-masing style memiliki 4 variasi, 2 fill-in, intro dan ending per variasi. Bila anda belun puas dengan style bawaannya, anda dapat menambahkan lagi style yang kompatibel dari seri PA50, PA50SD dan Micro Arranger yang sudah banyak tersedia dipasaran.

Bila anda ingin menggunakan Korg XE-20 untuk kebutuhan profesional, untuk memudahkan pemakaiannya, tersedia fitur set list, yaitu semacam fitur dimana anda dapat menyimpan set list 10 bank x 4. Fitur ini akan sangat berguna bila diatas untuk mengurangi durasi memlilih suara, style dan lain-lain untuk tiap lagu yang akan dimainkan.

Korg XE-20 juga memiliki fitur song recorder 12 tracks yang terdiri dari 4 keyboard parts dan 8 auto accompaniment parts dan memiliki kapasitas maksimal sekitar 100.000 notes. Hasil song recorder ini juga dapat disimpan dalam format Standard MIDI File type 0, sehingga bisa dimainkan ulang di keyboard lain atau komputer anda. Untuk penyimpanan, data anda bisa disimpan dalam USB flashdisk dengan kapasitas maksimal 4GB (dalam format FAT16), dimana melalui flashdisk ini, selain membaca file song recorder dan style, Korg XE-20 juga bisa membaca standard MIDI files dari keyboard lain / komputer dan juga file Wav dan Mp3 dengan kualitas 16-bit 44.1 Khz.

Untuk urusan koneksi, pada panel belakan Korg XE-20 terdapat jack stereo output (L/Mono, R), mini stereo input, headphone, USB-A untuk flashdisk dan USB-B untuk dihubungkan dengan komputer.

Dalam paket penjualannya, Korg XE-20 ini hanya dilengkapi dengan quick start guide, ac adaptor, music stand dan damper pedal yang memiliki colokan khusus pada bagian bawah casingnya.

Kesimpulannya, Korg XE-20 adalah sebuah digital piano rumahan dengan sound profesional, dan dengan fitur style yang dimilikinya, menjadikan digital piano ini siap untuk keperluan apapun.

  • Jumlah tuts: 88-tuts natural weighted hammer action
  • Suara: 705 suara termasuk german dan italian piano, termasuk set General MIDI, maksimal 184 polyphonic
  • Styles: 280 presets x 4 variasi, 2 fill-in, intro, ending per variasi.
  • Efek: 2 digital stereo multi effects untuk masing-masing keyboard dan accompaniment part.
  • Set list: 10 bank x 4
  • Song recorder: 12 tracks, maksimal sekitar 100.000 notes.
  • Koneksi: stereo output (L/Mono, R), mini stereo input, headphone, USB-A. USB-B.
  • Fitur lain: tuning, transpose, 9 scales temperament, General MIDI / Standard MIDI Files compatible, Wav dan mp3 (16 bit, 44,1 Khz) player, auto power off.
  • Ukuran: 1312 x 336 x 118 mm
  • Berat: 11,4 kg.
  • Asesoris bawaan: quick start guide, ac adaptor, music stand dan damper pedal.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.