Focusrite Scarlett 18i8 3rd Gen. Audio Interface Generasi Baru Dari Si Merah Focusrite Scarlett 18i8 3rd Gen. Audio Interface Generasi Baru Dari Si Merah
Dalam dunia home recording, tentu kita akan selalu akrab dengan Audio Interface atau juga jamak disebut sebagai soundcard. Akhir-akhir ini semakin banyak pilihan jika... Focusrite Scarlett 18i8 3rd Gen. Audio Interface Generasi Baru Dari Si Merah

Soundcorners.com – Dalam dunia home recording, tentu kita akan selalu akrab dengan Audio Interface atau juga jamak disebut sebagai soundcard. Akhir-akhir ini semakin banyak pilihan jika kita ke toko dan ingin membeli Audio Interface karena sudah banyak produsen yang membuatnya. Sehingga, Audio Interface memiliki banyak bentuk. Seperti berupa mixer, rack, maupun berkonsep desktop yang simple dan mobile. Tapi, ada satu brand yang bentuk Audio Interface-nya sudah demikian melekat. Itulah Focusrite Scarlett yang selalu konsisten memiliki warna merah. Dalam seriesnya yang kini kita review, Scarlett sudah mencapai generasi ketiga, wujudnya pun masih sama. Lantas apa yang membedakannya dengan generasi sebelumnya?

Software Focusrite Control Baru

Membuka kemasannya, kita akan mendapatkan unit audio interface-nya, adaptor disertai converter plug, kabel USB, dan secarik kertas yang langsung menuntun kita untuk menuju situs Focusrite.  Driver dan software pendukung dapat didownload di situs Focusrite dengan membuat akun terlebih dahulu. Begitu pula dengan manual, alih-alih sebuah booklet, kita dapat membacanya atau mendownload dari situs Focusrite kapanpun kita mau. Bahkan sebelum membelinya.

Begitu Focusrite selesai mendownload segala yang diperlukan, maka kita akan menemukan Focusrite Control yang secara otomatis mendeteksi perangkat Scarlett kapanpun kita menghubungkannya dengan komputer. Ini sama dengan Scarlett generasi-generasi sebelumnya, namun Focusrite Control kini memiliki user interface yang lebih detail namun jauh lebih mudah dimengerti.

Di Scarlett 18i8 ini, kita memiliki delapan input. Lebih detailnya, empat mic/line input (yang dua di antaranya bisa berfungsi sebagai Instrument Input) dan empat Line Input. Sedangkan untuk Output-nya ada delapan. Semua Input/Output ini dapat dengan mudah kita atur routing atau skema-nya berkat Software Focusrite Control yang secara signifikan memiliki user interface yang menurut SoundCorners sudah ditingkatkan dari segi kemudahan penggunaan.

(Tampilan Tab Output Routing pada 18i8)

Kita bisa lihat, seluruh routing pada Tab Output Routing dapat secara langsung mengakses semua Input/Output yang ingin kita dengar. Tidak hanya itu, yang cukup luar biasa dari 18i8 ini fader Monitor pada kiri atas bekerja sesuai posisi sesungguhnya di Hardware-nya. Artinya, saat kita atur besaran level monitor pada 18i8-nya, maka pada fader di Focusrite Control pun akan mengikuti. Sayangnya, fitur ini tidak terdapat pada adiknya si 4i4.

(tampilan channel Loopback di 18i8)

Masih di Tab Output ini, terdapat channel Loopback di bagian paling kiri bawah yang dapat kita letakkan di DAW sebagai channel input. Loopback ini dapat digunakan untuk merekam sumber suara dari komputer secara real time. Contohnya, jika kita ingin merekam hasil percakapan dari live webinar. Maka, bisa langsung mengirimnya ke DAW. Begitu pula jika kita ingin merekam audio dari sebuah video yang tersedia secara online, maka kita bisa langsung merekamnya tanpa harus mendownload videonya terlebih dahulu.

 

Fitur-fitur Baru

Usai SoundCorners asik dengan Focusrite Control, saatnya kita mengapresiasi beberapa fitur baru yang ada di generasi ketiga ini. Pertama adalah mic preamp yang disebut “AIR”. Preamp ini dapat kita aktifkan atau matikan di Focusrite Control melalui tab Input Setting.

(tampilan Tab Input Setting pada 18i8)

Diklaim Focusrite sebagai preamp mic terbaik mereka, SoundCorners merasakan suara vokal/speech pria menjadi lebih bertenaga dan natural saat AIR ini diaktifkan. Fitur ini juga ada kok di Scarlett 4i4.

Dengan tambahan fitur  dan kemampuan barunya, Scarlett 18i8 dan tipe Scarlett lainnya yang tergabung di generasi ketiga telah terlahir kembali menjadi sangat cerdas dan sangat membantu home recording, studio skala menengah, atau siapapun yang melakukan produksi media pada umumnya. Namun tidak seperti 4i4, Scarlett 18i8 harus ditenagai adaptor.

MAP : Rp 7.310.000

Spesifikasi

  • Simultaneous I/O: 18 x 8
  • Jumlah Preamp: 4
  • A/D Resolution: Up to 24-bit/192kHz
  • Analog Input: 4 x XLR-1/4″ combo (mic/Hi-Z), 4 x 1/4″ (line)
  • Analog Output: 4 x 1/4″ (line out)
  • Digital Input: 1 x Coax (S/PDIF), 1 x Optical
  • Digital Output: 1 x Coax (S/PDIF)
  • Headphone: 2 x 1/4″
  • MIDI I/O: In/Out
  • USB: 1 x Type USB-C
  • Software: Ableton Live Lite, Pro Tools First Creative Pack, Red Plug-in Suite, Focusrite Collective access
  • OS Requirements – Mac: macOS 10.12 or later
  • OS Requirements – PC: Windows 7 SP1 or later (Scarlett), Windows 10 v1809 or later (Pro Tools First)
  • Power Supply: 12V DC power supply (included)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.